...(LENGKAPI UNDUH FORM DAN LAMPIRKAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DI WEB PERPUS TANPA MATERAI, UPLOAD ULANG)..PELAKSANAAN PROGRAM DAUR ULANG SAMPAH DINAS LINGKUNGAN HIDUP PONOROGO UNTUK KEBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT

LUTHFI, AKBAR (2023) ...(LENGKAPI UNDUH FORM DAN LAMPIRKAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DI WEB PERPUS TANPA MATERAI, UPLOAD ULANG)..PELAKSANAAN PROGRAM DAUR ULANG SAMPAH DINAS LINGKUNGAN HIDUP PONOROGO UNTUK KEBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
E-Thesis Muhammad Luthfi Akbar.pdf

Download (2MB)

Abstract

PELAKSANAAN DAUR ULANG SAMPAH DINAS LINGKUNGAN HIDUP PONOROGO UNTUK KEBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT

ABSTRAK

Daur ulang sampah menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari pertumbuhan konsumsi global terhadap lingkungan. Dalam konteks tersebut upaya untuk mendaur ulang bahan-bahan bekas menjadi produk yang dapat digunakan kembali, serta pemisahan sampah yang efektif dan sistem pengelolaan limbah yang berkelanjutan, Selain itu edukasi masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang ramah lingkungan juga menjadi bagian penting dalam memastikan keberhasilan dari upaya daur ulang sampah dan memberikan dampak untuk perekonomian masyarkat.
Penelitian ini menganalisis pelaksanaan daur ulang sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di Ponorogo dan dampaknya terhadap keberdayaan ekonomi masyarakat setempat. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali informasi tentang sistem pengelolaan sampah yang ada dan keterlibatan masyarakat, hasil penelitian ini bersumber dari wawancara aktivis lingkungan ponorogo, petugas dan tenaga kontrak Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan adanya kebijakan yang berasal dari undang-undang pemerintah yang dikhususkan untuk menangani pengelolaan sampah dimana kebijakan tersebut mampu mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan daur ulang dalam bentuk pemilhan sampah hal ini memiliki faktor pendukung dan hambatan dalam implementasi program daur ulang, adanya dukungan disebabkan oleh kebijakan dari pemerintah daerah dalam bentuk fasilitas infrastuktur dan perizinin kerjasama dengan lembaga swasta yang berkaitan dengan pengelolaan sampah tersebut dan juga hasil dari, yang dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan Melalui kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat, dapat tercipta lingkungan yang lebih bersih dan sehat serta berkurangnya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh limbah yang tidak terkelola dengan baik.

Kata Kunci : Daur Ulang , Lingkungan Hidup Ponorogo, Keberdayaan Ekonomi

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:40
Last Modified: 23 Nov 2023 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26310

Actions (login required)

View Item View Item