Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Gopay Pada Mahasiswa IAIN Ponorogo

Amalia, Diah Ihdini (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Gopay Pada Mahasiswa IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190052_DIAH IHDINI AMALIA_ EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: GoPay, Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Minat Penggunaan.
GoPay merupakan e-wallet dengan pengguna tertinggi. GoPay memberikan penawaran menarik seperti pemberian promosi, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan yang dinilai memudahkan dan menarik minat masyarakat untuk menggunakan. Berdasarkan wawancara terhadap mahasiswa IAIN Ponorogo, beberapa mahasiswa berpendapat promosi, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan merupakan faktor yang mempengaruhi minat penggunaan GoPay. Namun ada juga yang berpendapat promosi, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan yang diberikan tidak mempengaruhi minat penggunaan aplikasi GoPay.
Penelitian ini bertujuan untuk: Menguji dan menganalisis pengaruh promosi, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap minat penggunaan aplikasi GoPay pada Mahasiswa IAIN Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa IAIN Ponorogo, dengan jumlah sampel 96 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan menggunakan accidental sampling. Analisis yang digunakan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25.
Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap varibel minat penggunaan aplikasi GoPay pada mahasiswa IAIN Ponorogo; 2) persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat penggunaan aplikasi GoPay pada mahasiswa IAIN Ponorogo; 3) Persepsi keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat penggunaan aplikasi GoPay pada mahasiswa IAIN Ponorogo; 4) Promosi, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan mempengaruhi variabel minat penggunaan aplikasi Gopay pada mahasiswa IAIN Ponorogo secara simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:35
Last Modified: 23 Nov 2023 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26307

Actions (login required)

View Item View Item