Tinjauan Efektivitas Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pra nikah Bagi Calon Pengantin Di KUA Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Munawaroh, Rofi'atul Binti (2023) Tinjauan Efektivitas Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pra nikah Bagi Calon Pengantin Di KUA Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI ROFI'ATUL BINTI MUNAWAROH 101180206.pdf

Download (2MB)

Abstract

Binti Munawaroh, Rofi’atul, 2023. “Tinjauan Efektivitas Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pra nikah Bagi Calon Pengantin Di KUA Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo”. Skripsi. Fakultas Syariah Jurusan Hukum Keluarga Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ima Frafika Sari, M.Pd.
Kata Kunci: Efektivitas, Bimbingan Perkawinan, Keputusan Dirjen Bimas Islam No.379 Tahun 2018
Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Calon Pengantin merupakan upaya yang dilakukan oleh setiap KUA dan lembaga lain yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kemenag melalui Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 379 Tahun 2018 tentang Praktik Bimbingan Perkawinan Pranikah, sebagai bentuk penguatan persiapan perkawinan yang diorientasikan pengetahuan, kemampuan pasangan calon pengantin untuk menghadapi tantangan kehidupan yang luas di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo yang membawa dampak bagi calon pengantin dan menambah pengetahuan dalam berumah tangga.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan efektivitas Hukum Bimbingan Perkawinan Pranikah di KUA Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, dan Bagaimana tinjauan Efektivitas Hukum terhadap Dampak Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah bagi calon pengantin di KUA Kecamatan sukorejo Kabupaten Ponorogo. Sedangkan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak positif dari diberlakukannya program bimbingan perkawinan bagi pasangan yang siap nikah dan juga bagi masyarakat usia muda.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan mengelola data dari hasil penelitian dan dilakukan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menganalisis bahwa efektivitas Hukum Bimbingan perkawinan pranikah adalah belum efektif karena adanya masyarakat yang masih belum memiliki kesadaran untuk mengikuti bimbingan ini serta sarana dan prasarana yang masih belum mendapat anggaran untuk lebih diperbaiki. Dampak pelaksanaan bimbingan pranikah yakni memberi dampak positif kepada masyarakat, calon pengantin maupun pengantin bimbingan yang diberikan oleh KUA menumbuhkan kesiapan mental kepada pasangan yaitu adanya kesadaran dari calon pasangan suami istri akan hak dan kewajiban suami istri, sehingga dalam rumah tangga terbentuk sikap saling menghormati satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafikasari
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:32
Last Modified: 23 Nov 2023 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26306

Actions (login required)

View Item View Item