Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah di MI Ma’arif Purwantoro Kabupaten Wonogiri

Khasanah, Uswatun (2023) Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah di MI Ma’arif Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
USWATUN_502210046_A5_PERPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Era modern ini, dengan kondisi global di mana terjadi pertukaran informasi yang mudah menjadikan Indonesia mengalami tantangan dalam multikulturalisme. Sebab Indonesia mempunyai ragam budaya, agama, dan suku bangsa. Bahkan sering kali dalam satu agama saja bisa terjadi perpecahan. Munculnya paham radikalisme dan liberalisme di Indonesia yang sangat pesat, walaupun sudah banyak organusasi-organisasi yang dibubarkan, tetapi masih banyak bibit ideologinya yang masih melekat pada pengikutnya. Sehingga menyebabkan masyarakat kebingungan pada masyarakat yang awam pada agama. Karena sama-sama mengatakan kebenaran yang megatasnamakan perintah Tuhan. Islam Nusantara merupakan Islam khas Indonesia yang mengutamakan toleransi, menerima perbedaan, baik agama, suku, ras, maupun budaya. Dengan demikian, doktrin Islam Nusantara menjadi palang pintu pertama dalam membangun kebersamaan melalui nilai-nilai inklusif seperti tawasuth (moderat), tasamuh (toleransi), tawazun (tolong menolong), tawazun (harmoni), dan lain-lain. Melalui Nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah yang ditanamkan ajaran Nahdlotul Ulama’. Nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah sangat penting untuk ditanamkan kepada peserta didik sejak usia dini. Di dalam Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah kita diajarkan bagaiman beraqidah, bersyariat, dan berakhlak yang baik dan benar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Untuk menjelaskan fungsi manajemen peserta didik manajemen peserta didik MI Ma’arif Purwantoro. (2) Untuk menjelaskan implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah di MI Ma’arif Purwantoro. (3) Untuk menjelaskan dampak manajemen peserta didik dalam meningkatkan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah di MI Ma’arif Purwantoro.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan teorinya Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari pnelitian ini adalah (1) Melalui manajemen peserta didik lembaga pendidikan MI Ma’arif Purwantoro dapat mengatur segala kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik sejak peserta didik pertama kali masuk sekolah sampai keluar dari sekolah. Mulai dari kegiatan penerimaan peserta didik baru, kegiatan Matsama, mengatur kehadiran dan tidak kehadiran peserta didik, pembagaian kelas pserta didik, kegiatan pembelajaran peerta didik, kenaikan kelas, tata tertib, ekstrakulikuler dan lulusan (alumni). Dalam pengelolaan tersebut kepala madrsah dibantu oleh waka kesiswaan, kurikulum, koor ekstrakulikuler dan waka lainnya. (2) Manajemen peserta didik lembaga pendidikan MI Ma’arif Purwantoro mampu menanamkan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah. Lembaga Pendidikan MI Ma’arif Purwantoro menanamkan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah melalui kegiatan pembiasaan pagi dari berdo’a membaca nadham asmaul husna dan membaca surat pendek. Selain itu juga diajarkan dan dibiasaakan melaksanakn shalat dhuha dan shalat dzuhur berama’ah. Memberikan nama kelas dengan menggunakan nama tokoh islam sebagai bentuk madrasah mengenalkan tokoh-tokoh islam. Tidak hanya itu nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah ditanamkan dengan materi pembelajaran Ke-NU-an. (3) Dampak dari menanamkan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah di MI Ma’rif Purwantoro yakni; meningkatkan aqidah aqidah islam nahdlotul ulama’ sebagai dasar keimanan peserta didik. Sehingga tidak mudah peserta didik terpengaruh oleh aliran yang menyimpang. Peserta didik memiliki kemampuan membaca al qur’an dengan metode An-Nahdliyah. Berpedoman kepada akhlak yang luhur. Mengembangkan toleransi kepada kelompok yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah dan Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:44
Last Modified: 23 Nov 2023 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26304

Actions (login required)

View Item View Item