Evaluasi Tata Letak Gudang Persediaan Bahan Baku di UD. Kaos Hasby Garment Ponorogo

Azizah, Asfirroh Nur (2023) Evaluasi Tata Letak Gudang Persediaan Bahan Baku di UD. Kaos Hasby Garment Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190034_Asfirroh Nur Azizah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Inventory, Layout, FIFO
Tata letak pabrik merupakan tata cara pengaturan pada fasilitas-fasilitas pabrik untuk menunjang kelancaran proses produksi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. Seperti halnya di UD. Kaos Hasby Garment Ponorogo perlu mempertimbangkan kebutuhan ruang gudang yang kurang luas, dan juga pada tata letak penyimpanan benang ada kode yang hilang sehingga benang tercampur acak dan menyebabkan lama dalam pencariannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi pengelolaan tata letak gudang di UD. Kaos Hasby Garment Ponorogo, menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan tata letak UD. Kaos Hasby Garment Ponorogo, dan bagaimana evaluasi tata letak gudang di UD. Kaos Hasby Garment Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan melakukan pencarian data secara langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kondisi pengelolaan gudang di UD. Kaos Hasby Garment Ponorogo sudah baik, faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan yaitu kebutuhan luas ruang gudang sehingga jika barang datang tidak bingung dalam penempatannya dan juga perlu mempertimbangkan penggantian mesin yang lama menjadi baru karena mesin yang lama sering rusak sehingga menghambat proses sewing. Kemudian dari hasil evaluasi UD. Kaos Hasby Garment Ponorogo ditemukan kendala dalam mempercepat proses pengambilan benang karena ada kode benang yang hilang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni'matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:43
Last Modified: 23 Nov 2023 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26303

Actions (login required)

View Item View Item