Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Spotify Premium Di Media Sosial Twitter

Asprilianti, Cici Elma (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Spotify Premium Di Media Sosial Twitter. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190104_Cici Elma Asprilianti_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asprilianti, Cici Elma 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Spotify Premium Di Media Sosial Twitter. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Hj. Isnatin Ulfah, M.H.I
Kata Kunci/Keywords: Jual Beli, Spotify Premium, Twitter
Jual beli Spotify premium di media sosial Twitter berdasarkan hukum jual beli dapat dikatakan sah apabila sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli yaitu sudah ada a>qidain, s}i>gat, ma’qu>d alai>h, dan nilai tukar pengganti barang. Salah satu syarat jual beli adalah objek di mana objek tidak dilarang oleh agama, objek harus bersih, bisa dimanfaatkan secara agama, diketahui kedua belah pihak dan bisa diserahkan. Dalam jual beli Spotify premium objek yang diperjualbelikan yaitu fasilitas premium di mana merupakan sesuatu yang samar karena bukan barang nyata dan apakah yang dijual tersebut telah memenuhi rukun dan syarat jual beli. Selanjutnya adanya kejanggalan dalam penggunaan akun terdapat dua macam akun yaitu akun pribadi dan akun seller dan apakah dalam penggunaan tersebut proses jual beli yang dilakukan hukumnya sah atau tidak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap objek jual beli Spotify premium di media sosial Twitter? Bagaimanan tinjauan hukum islam terhadap penggunaan akun dalam Spotify premium?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan, pertama berdasarkan tinjauan hukum Islam terhadap objek jual beli Spotify premium hukumnya sah karena objek yang diperjualbelikan yaitu paket-paket premium di setiap bulannya sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli. Kedua, tinjauan hukum Islam terhadap penggunaan akun Spotify premium hukumnya tidak sah karena pihak Spotify tidak memberikan izin memperjualbelikan fasilitas premium tersebut sehingga dalam penggunaan akun tersebut dapat melanggar ketentuan layanan aplikasi Spotify. Tindakan penjual memperjualbelikan fasilitas premium di media sosial Twitter adalah bentuk tindakan melanggar perjanjian antara pihak Spotify karena jual beli yang dilakukan melalui pihak ketiga dianggap tidak sah dan Islam melarang mengambil harta orang lain dengan cara yang tidak benar dapat mengakibatkan ketidakadilan diantara berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:20
Last Modified: 23 Nov 2023 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26290

Actions (login required)

View Item View Item