Analisis Hukum Islam Terhadap Jasa Dukun Bayi Di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun

Munir, Muhammad Badrul (2023) Analisis Hukum Islam Terhadap Jasa Dukun Bayi Di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Badrul Etesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jasa dukun bayi dalam kegiatan muamalah/ekonomi berada dalam ranah jasa. Jasa dukun bayi ini dalam fikih disebut dengan akad ijarah. Dalam fikih tentang ija ̅rah menyatakan bahwa akad dan pengupahan harus dilaksanakan dengan jelas menurut rukun dan syarat ijarah. Penelitian ini dilaksanakan karena penulis melihat praktik akad dan pengupahan dukun bayi yang kurang jelas dari sisi akad maupun upahnya. Berdasarkan observasi awal peneliti di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, akad tidak dilakukan secara verbal, itupun berkaitan juga dengan pengupahannya, dari sisi bentuk maupun jumlah.
Melihat permasalahan di atas, penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian secara empiris dalam bentuk skripsi yang berjudul: Analisis Hukum Islam Terhadap Jasa Dukun Bayi Di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Tujuan penelitian ini, sesuai dengan rumusan masalah, adalah: 1) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap akad yang diterapkan dukun bayi di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. 2) Bagaimana analisis hukum Islam dalam pengupahan yang diterapakan oleh dukun bayi di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi yaitu siapa saja yang sudah menjadi pelanggan jas dan observasi yang meliputi bagaimana dukun bayi melakukan pekerjaannya. Analisis data menggunakan metode induktif. Penelitian ini adalah praktik akad dan pengupahan dukun bayi di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa, pertama praktik akad pada dukun bayi di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun menggunakan akad ijarah dan dalam status boleh. Bahwasanya pada akad tersebut tidak dengan cara membahas tentang upah, dukun bayi dan pelanggan jasa tidak mempermasalahkanya. Akad tersebut telah jelas, walaupun mu’jir dan musta’jir tidak harus ada bisa mewakilkan dan diwakilkan. Kedua dalam pengupahan dukun bayi yang ada di Kecematan Kare dalam akad ijarah bisa dikatakan boleh/mubah, ketidakjelasan besaran upah dan jenis / bentuk upah diawal akad, hal tersebut tidak dipermasalhkan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:39
Last Modified: 22 Nov 2023 08:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26274

Actions (login required)

View Item View Item