TINJAUAN ‘URF TERHADAP MAHAR DALAM TRADISI TAJDID NIKAH (Studi Kasus Desa Ngampel kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo)

HAMZAH FANSURI, MUHAMMAD (2023) TINJAUAN ‘URF TERHADAP MAHAR DALAM TRADISI TAJDID NIKAH (Studi Kasus Desa Ngampel kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190069-MUHAMMAD HAMZAH FANSURI-HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fansuri, Muhammad Hamzah, 2023. Tinjauan Urf Terhadap Mahar Dalam Tradisi Tajdid Nikah (Studi Kasus Di Desa Ngampel Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Udin Safala, M.H.I.
Kata Kunci: ‘Urf, Mahar, Tajdid Nikah.
Tajdid nikah ialah memperbarui tali pernikahan yang sudah berjalan yang telah mengalami pergeseran dari tujuan pernikahan dan merupakan sikap kehati-hatian barang kali terjadi talak selama membina rumah tangga baik secara sengaja ataupun tidak sengaja dan diharapkan dengan dilaksanakannya tajdid nikah dapat membawa berkah sehingga apa yang dicita-citakan secara bersama dalam mengarungi rumah tangga agar segera terwujud. Seperti yang telah dilakukan oleh beberapa pasangan suami istri di Desa Ngampel Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Sebelumnya, alasan mereka melakukan tajdid nikah karena adanya masalah seperti sering terjadinya pertengkaran, tidak sesuaian weton (hitungan jawa), keluarga kurang harmonis, dan rizki kurang lancar.
Pelaksanaan tajdid nikah sama halnya dengan pernikahan sebelumnya, tetapi terjadi perbedaan perihal pemberian mahar. Para pelaku tajdid nikah menjelaskan bahwa ketika melaksanakan tajdid nikah, mereka tidak memberikan mahar untuk kedua kalinya. Berangkat dari latar belakang di atas, penulis tertarik untuk meneliti praktik pemberian mahar dalam tradisi tajdid nikah yang ada di Desa Ngampel Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo menggunakan teori ‘urf.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana Tinjauan Urf Terhadap Pemberian Mahar dalam Tajdid Nikah Di Desa Ngampel Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. (2) Bagaimana Tinjauan Urf Terhadap Penetapan Mahar Dalam Tajdid Nikah Di Desa Ngampel Kecmatan Balong Kabupaten Ponorogo?. Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan normatif empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan metode induktif dengan teori ‘urf.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinjauan urf terhadap pemberian mahar dalam tajdid nikah di Desa Ngampel Kecamatan Balong kabupaten Ponorogo tidak bertentangan dengan syariat islam dan tergolong dalam urf sahih. Menurut jumhur ulama bahwa mahar merupakan suatu yang tidak wajib diberikan dalam tajdid nikah. Kemudian tinjauan urf terhadap penetapan mahar dalam tajdid nikah yaitu mengikuti adat yang sudah ada sejak lama dan tidak bertentangan dengan syariat Islam, hal ini juga tergolong dalam urf sahih, yang mana adat yang berlaku di masyarakat yang tidak bertentangan dengan nash maka boleh untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: UDIN SAFALA
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:35
Last Modified: 22 Nov 2023 08:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26271

Actions (login required)

View Item View Item