Pelayanan Konsumen Pada Jual-Beli Di Belikopi Perspektif Etika Bisnis Islam

Widyaningrum, Siska Ayu (2023) Pelayanan Konsumen Pada Jual-Beli Di Belikopi Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SISKA AYU WIDYANINGRUM 102190078 HES NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Widyaningrum, Siska Ayu, 2023. Pelayanan Konsumen Pada Transaksi Jual-Beli Di Belikopi Perspektif Etika Bisnis Islam. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh, M.H.I.
Kata kunci/keywod: Pelayanan Konsumen, Standar Operasional Prosedur (SOP), Etika Bisnis Islam.
Pelayanan konsumen merupakan suatu aktivitas yang dilakukan pada dasarnya bertujuan untuk memperlihatkan pelayanan dengan sebaik-baiknya sehingga konsumen mencicipi kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah suatu pedoman untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja baik. Belikopi merupakan suatu Perusahaan bisnis food and beverage yang sudah memiliki lebih dari 100 outlet di Indonesia sejak 2019. Melihat pesatnya perkembangan Belikopi tentunya ada proses menejemen pelayanan konsumen didalamnya namun apakah staf Belikopi masih menyepelekan SOP yang berlaku atau tidak. Salah satu outlet belikopi yaitu di Ngawi masih terdapat kesalahan dalam melayani konsumen seperti tidak diberikannya struk pembelian kepada konsumen. Karena struk pembelian itu penting untuk bukti pembayaran sesuai dengan pesanan atau bukan. Untuk meningkatkan kinerja staf Belikopi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana analisis Etika Bisnis Islam terhadap staf yang bekerja tidak sesuai SOP pelayanan konsumen Belikopi? (2) Bagaimana analisis Etika Bisnis Islam terhadap staf Belikopi yang tidak menyerahkan struk pembelian kepada konsumen?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah induktif yaitu merupakan suatu pembahasan yang dilakukan dengan menarik suatu kesimpulan yang bertitik tolak pada pengetahuan yang umum kemudian digunakan untuk menilai suatu kejadian yang khusus.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa. Penerapan etika bisnis islam terhadap kasir yang tidak menawarkan produk lebih hemat sesuai SOP kepada konsumen Belikopi merupakan suatu bentuk perilaku yang tidak bertanggung jawab dan tidak mencerminkan etika bisnis islam yang baik. Pemberian struk transaksi penjualan adalah hal yang wajib dilakukan oleh staf kasir Belikopi Ngawi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui staf Belikopi Ngawi terkadang tidak memberikan struk pembelian kepada konsumen dikarenakan konsumen yang enggan menerima dan meminta staf tersebut tidak perlu diberikan struk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:34
Last Modified: 22 Nov 2023 08:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26270

Actions (login required)

View Item View Item