Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Anakan Burung Kenari di Kios Pakan Burung Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Febri Salis, Rahmani (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Anakan Burung Kenari di Kios Pakan Burung Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210217033_FEBRI SALIS RAHMANI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmani, Febri Salis. 2023 Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Anakan Burung Kenari Di Kios Pakan Burung Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Sesario Aulia, M.Kn.
Kata Kunci : Hukum Islam, Jual Beli, Anakan Burung, Penanggung Kerugian
Jual beli merupakan interaksi manusia untuk memindahkan hak milik dari seseorang kepada orang lain dengan berlandaskan saling rela dan saling ridho. Dalam jual beli anakan burung kenari yang ada di kios pakan burung Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Pada kios tersebut terdapat kejanggalan yang menjadikan jual beli belum sesuai dengan hukum Islam. Pertama belum jelas mengenai jenis kelamin anakan burung kenari. Anakan burung tersebut dijadikan dalam satu sangkar jadi sulit untuk membedakan jantan atau betina.
Berdasarkan uraian di atas peneliti ingin mengungkap transaksi jual beli anakan burung di lokasi tersebut dengan fokus pembahasan, 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap objek jual beli anakan burung kenari di kios pakan burung Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penanggung kerugian dalam jual beli anakan burung kenari di kios pakan burung Di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif yang ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara atau interview, dokumentasi, dan pengalaman personal. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa praktik transaksi jual beli anakan burung kenari mengandung unsur-unsur yang belum sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam. Penanggungan risiko yang terjadi dalam transaksi tersebut belum sesuai dengan prinsip-prinsip keseimbangan, penanggungan risiko kerugian dilimpahkan kepada salah satu pihak yaitu pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sesario Aulia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:32
Last Modified: 22 Nov 2023 08:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26266

Actions (login required)

View Item View Item