..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERBAIKI LAYOUT WATERMARK, UPLOAD ULANG)..ANALISIS ISLAMIC ECORELIGIOUS ETHICS TERHADAP ETIKA LINGKUNGAN SONNY KERAF

Ardiyan, Erfin (2013) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERBAIKI LAYOUT WATERMARK, UPLOAD ULANG)..ANALISIS ISLAMIC ECORELIGIOUS ETHICS TERHADAP ETIKA LINGKUNGAN SONNY KERAF. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI_(401180193) ERFIN WISDA ARDIYAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam konteks manusia menjadi penyebab utama krisis lingkungan saat ini, diperlukan penelitian yang mendalam untuk mengeksplorasi alasan di balik perilaku manusia yang semakin merusak alam. Untuk memahami perilaku manusia secara menyeluruh, penelitian ini akan difokuskan pada studi etika lingkungan.
Penelitian ini meneliti pemikiran seorang tokoh Indonesia di bidang Etika lingkungan, yaitu A. Sonny Keraf menggunakan analisis teori Islamic Ecoreligious Ethics Yusuf al-Qaradhawi. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini sepenuhnya mengandalkan penelitian kepustakaan (library research), dengan sumber data utama berupa buku-buku karya A. Sonny Keraf yang terkait dengan tema etika lingkungan hidup. Selain itu, peneliti juga menggunakan literatur lain sebagai sumber sekunder yang mendukung penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan menerapkan metode filosofis dalam pengumpulan data, serta menggunakan teknik deskripsi, interpretasi, dan analisis dalam pengolahan data.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam pemikiran etika lingkungan Sonny Keraf, manusia adalah faktor penyebab utama krisis lingkungan hari ini. Sehingga untuk menjawab permasalahan tersebut, pembaruan kualitas cara pandang yang lebih ramah terhadap lingkungan menjadi hal dasar yang harus segera dibudayakan. Tawaran atas solusi tersebut juga memiliki relevansi dengan pemikiran Islamic Ecoreligious Ethics Yusuf al-Qaradhawi yang sepakat bahwa pembaruan kualitas manusia adalah langkah yang tepat untuk menangani krisis lingkungan hari ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza hanifudin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:05
Last Modified: 22 Nov 2023 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26260

Actions (login required)

View Item View Item