(kesediaan publikasi belum ada, silakan upload ulang..)PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH DOMPET DHUAFA (Studi pada Kelompok Peternak Sapi Perah di Desa Singolangu Kabupaten Magetan)

Aldana, Lavia Vega (2023) (kesediaan publikasi belum ada, silakan upload ulang..)PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH DOMPET DHUAFA (Studi pada Kelompok Peternak Sapi Perah di Desa Singolangu Kabupaten Magetan). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
TESIS LAVIA VEGA ALDANA_501210012_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dompet Dhuafa merupakan lembaga filantropi Islam yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan dengan pemberdayaan dengan kegiatan filantropis dan wirausaha profetik. Desa Singolangu menjadi salah satu desa yang diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan program Kampung Susu Lawu yang bekerjasama dengan Dinas Peternakan Magetan. Desa Singolangu memiliki banyak keunggulan akan tetapi masyarakatnya belum mampu meningkatkan sumber daya alam yang dimiliki dengan maksimal sehingga warganya masih banyak yang berada dibawah garis kemiskinan maka dengan hadirnya pemberdayaan ini dapat mengentaskan kemiskinan dan masyarakat menjadi lebih sejahtera dan mandiri.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa yang ditinjau dari teori Elliot apakah pelaksanaan Pemberdayaan ini memiliki dampak dalam peningkatan perekonomian masyarakatnya. Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, melalui pengolahan data primer, sekunder yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada kelompok peternak sapi perah di Desa Singolangu Kabupaten Magetan.Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Dari pelaksanaan pemberdayaan yang dilakukan Dompet Dhuafa pada peternak sapi perah sudah cukup baik dan dimana telah memenuhi pendekatan kesejahteraan, pendekatan pengembangan dan pendekatan pemberdayaan 2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat pada kelompok sapi perah ini adalah masyarakatnya yang belum begitu mendalami tentang Islam, Dompet Dhuafa dalam pemberdayaanya hanya fokus pada ekonominya saja tidak mendalami unsur Islaminya. 3) Dampak kesejahteraan bagi masyarakat pada kelompok sapi perah ini memiliki dampak yang signifikan di bidang ekonomi dimana para masyarakat ini dapat menaikan taraf perekonomianya sehingga telah berdaya dan bisa lebih mandiri. Dari dampak pemberdayaan sudah memenuhi indikator keberhasilan.

Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:58
Last Modified: 22 Nov 2023 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item View Item