..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Peran Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinaan Terhadap Tingkat Angka Perceraian ( Studi Kasus Di kantor Urusan Agama Kecamatan Geger Kabupaten Madiun )

Kambal;i, Kambali (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Peran Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinaan Terhadap Tingkat Angka Perceraian ( Studi Kasus Di kantor Urusan Agama Kecamatan Geger Kabupaten Madiun ). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS KAMBALI _ UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

PERAN BADAN PENASEHAT PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN TERHADAP TINGKAT ANGKA PERCERAIAN
(Studi Kasus Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Geger Kabupaten Madiun)

ABSTRAK

BP4 adalah suatu organisasi atau badan yang berdiri pada tanggal 3 januari 1960 yang kemudian dikukuhkan oleh Menteri Agama Nomor 85 tahun 1961 kemudian diakui bahwa BP4 adalah satu-satunya badan yang berusaha di bidang penasihat perkawinan dan pengurangan perceraian. Tugas BP4 adalah memberi nasihat dan pembinaan kepada calon pengantin mengenai nikah, talak, cerai dan rujuk kepada yang akan melakukannya baik erorangan maupun kelompok, memberikan bnatuan dalam mengatasi masalah perkawinan, keluarga dan perselisihan rumah tangga, menyelenggarakan kursus penantran, diskusi, seminar dan kegiatan yang sejenisnya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian yuridis normatif menggunakan pendekatan undang-undang (statue approach). Teknik pengumpulan data melalui pengumpulan data kapustakaan (library research) dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat BP4 di Kantor Urusan Agama Kec. Geger Kab. Madiun. serta untuk mengetahui efektivitas peran BP4 terhadap tingginya angka perceraian di Kec. Geger.
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisa data penelitian ini menghasilkan temuan antara lain: 1) Kurangnya pemahaman masyarakat mengenaitugas dan wewenang BP4 di KUA 2) Secara garis besar BP4 yang ada di KUA kurang dimanfaatka atau tidak lagi digunakan oleh para pihak yang mau cerai ketika mereka sudah mendaftarkan perceraian mereka ke kantor Pengadilan Agama
Efektifitas peran BP4 dan enaggulangi tinnginya angka perceraian secara garis besar sapat dikatakan efektif dalam memebrikan pelayanan yang prima kepada masyarakat serta memberikan rasa kemanan, kenyamanan dan kemudahan dalam konsultasi perkawinan.
Kata Kunci: Peran BP4, Fungsi Dan Faktor Terhadap Tinnginya Angka Perceraian.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:02
Last Modified: 22 Nov 2023 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26256

Actions (login required)

View Item View Item