Revitalisasi Pasar Legi Ponorogo Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Pedagang Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Pujilestari, Tri Eka (2023) Revitalisasi Pasar Legi Ponorogo Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Pedagang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
501210032_TRI EKA PUJILESTARI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Pasar dalam Islam merupakan tempat transaksi ekonomi yang aturannya bernafas pada ajaran-ajaran Islam. Revitalisasi pasar tradisional dilaksanakan untuk meningkatkan daya saing dengan pasar-pasar modern dan untuk meningkatkan perekonomian daerah.Revitalisasi dijalankan berdasarkan beberapa prinsip, yaitu intervensi fisik, revitalisasi managemen, revitalisasi ekonomi, dan revitalisasi sosial budaya. Pelaksanaan revitalisasi pasar ini sesuai dengan suatu kaidah fikih dalam Islam, yaitu “al-muhafadzah ‘ala al-qadim al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadid al-ashlah” yang berarti memelihara tradisi masa lalu yang baik dan mengambil sesuatu yang baru (modern) yang lebih baik.Di dalam pelaksanaan revitalisasi selain melakukan perubahan-perubahan kearah yang modern yang lebih baik tetapi revitalisasi juga mempertahankan ciri khas pasar tradisional yaitu tawar-menawar antara pedagang.Dengan mempertahankan beberapa hal tersebut diharapkan akan memberikan harga yang wajar dan adil sehingga memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.
Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Revitalisasi Pasar Legi Kabupaten Ponorogo, Bagaimana Faktor Pendukung Dan Penghambat Pelaksanaan Revitalisasi Pasar Legi Kabupaten Ponorogo dan Bagaimana Implikasi Pelaksanaan Revitalisasi Pasar Legi Kabupaten Ponorogo Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Pedagang dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Lokasi penelitian di Pasar Legi Ponorogo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan revitalisasi pasar Legi Kabupaten Ponorogo memberikan perubahan yang sangat baik.Dinas perdagangan Kabupaten Ponorogo sebagai muhtasib telah melakukan beberapa upaya diantaranya melakukan operasi pasar, melakukan tera/tera ulang pada alat ukur pedagang, sosialisasi pengawet berbahaya, sidak pasar ketika terjadi kelangkaan. Tetapi pada pelaksanaannya peran dinas perdagangan dinilai kurang maksimal karena terkendala oleh status pasar yang belum dihibahkan kepada pemerintah daerah sehingga pemerintah belum mampu melakukan evaluasi dan belum mampu memberikan inovasi-inovasi untuk perkembangan pasar Legi Ponorogo. Adapun beberapa faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan revitalisasi pasar Legi Ponorogo itu berasal dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal Pasar Legi Ponorogo.Meskipun ada sebagian pedagang yang mengalami penurunan pendapatan namun revitalisasi mampu memberikan kesejahteraan pada pedagang. Kesejahteraan dalam Islam didapat tidak hanya dari hal material saja, tetapi rasa aman, tentram dan memiliki hubungan yang baik dengan Allah, sesama manusia dan alam juga dapat memberikan kesejahteraan.

Kata Kunci: Pasar Tradisional, Revitalisasi, Kesejahteraan Pedagang

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah dan Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:57
Last Modified: 22 Nov 2023 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26251

Actions (login required)

View Item View Item