Tinjauan Maqasid Al-Shari'ah Terhadap Jual Beli Obat Daftar "K" Jenis Super Tetra Tanpa Resep Dokter

Soleh, Defin Mohammad (2023) Tinjauan Maqasid Al-Shari'ah Terhadap Jual Beli Obat Daftar "K" Jenis Super Tetra Tanpa Resep Dokter. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190106-DEFIN MOHAMMAD SOLEH-HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Apotek merupakan sarana dan prasarana masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang, utamanya dalam memenuhi kebutuhan bagi masyarakat yang sedang mengalami sakit. Karena Apotek sebagai tempat penjualan obat-obatan dan alat-alat kesehatan. Dan adanya Maqasid al-shari’ah diharapkan seseorang bisa terpenuhi kebutuhan hidup dan keselamatan-nya. Yaitu terjaganya masyarakat dari kerusakan yang bisa mengancam jiwa.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana Tinjauan Maqasid al-Shari’ah terhadap Praktik jual beli obat daftar “K” jenis Super Tetra tanpa resep dokter di Apotek Khaira Farma Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo ? (2) Bagaimana tinjauan Maqasid al-Shari’ah terhadap keamanan dan keselamatan bagi konsumen terhadap praktik jual beli obat daftar “K” jenis Super Tetra tanpa resep dokter di Apotek Khaira Farma Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo ?
Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangakan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan metode induktif., yaitu penemuan fakta empiris yang diperoleh dari hasil Observasi lapangan untuk dianalisis berdasarkan teori, kemudian ditarik kesimpulan masalah yang diteliti
Praktik jual beli obat daftar “K” jenis Super Tetra tanpa resep dokter di Apotek Khaira Farma, jika dilihat dari tujuan Maqasid al-Shari’ah tidak diperbolehkan karean mempunyai dampak negatif yang bisa menyebabkan seseorang terancam keselamatan jiwanya. Apotek Khaira Farma juga melanggar aturan Permenkes Nomor 28 Tahun 2021 pasal 2 huruf (b) menyebutkan “Apoteker dalam memberikan Pelayanan kefarmasian harus berdasarkan resep dokter”, Praktik jual beli obat Super Tetra tersebut tidak diperbolehkan jika ditinjau dari Maqasid al-Shari’ah. Sedangkan Keamanan dan keselamatan konsumen dalam transaksi jual beli obat daftar “K” jenis Super Tetra belum dikatakan aman karena mempunyai dampak negatif dalam jangka panjang dan jika dilihat dari kajian Maqashid Syari’ah untuk memenuhi kebutuhan Dlarurriyat yaitu kewajiban dalam melindungi jiwa maka keamanan dan keselamatan jual beli tersebut tidak aman dan juga melanggar aturan Undang-undang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD JUNAIDI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:56
Last Modified: 22 Nov 2023 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26247

Actions (login required)

View Item View Item