Subjektifitas Orang Tua Dalam Pembagian Warisan Perspektif Muhammad Syahrur (Studi Kasus Di Desa Karangan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo)

Habibah, Seffia Nur (2023) Subjektifitas Orang Tua Dalam Pembagian Warisan Perspektif Muhammad Syahrur (Studi Kasus Di Desa Karangan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Seffia Nur Habibah 101190251.pdf

Download (1MB)

Abstract

Habibah, Seffia Nur 2023. Subjektifitas Orang Tua Dalam Pembagian Warisan Perspektif Teori Batas Muhammad Syahrur (Studi Kasus Di Desa Karangan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Khotifatul Defi Nofitasari, S.H, M.H.
Kata Kunci/Keywords : Pembagian Warisan, Subjektifitas Orang Tua, Teori Batas Muhammad Syahrur
Dalam kasus pembagian warisan di Desa Karangan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo pembagian harta yang dilakukan pewaris berdasarkan subjektifitas orang tua yang dimana dilakukan sebelum meninggalnya pewaris. Berdasarkan kasus tersebut menggunakan teori batas yang diusung oleh Muhammad Syahrur yang merupakan tokoh fikih kontemporer, yang dimana dalam teori batasnya mengacu batasan ketentuan dari Allah yang tidak boleh dilanggar, namun terdapat ijtihad di dalamnya yang bersifat fleksibel, dinamis, dan elastis. Dalam Batasan tersebut Muhammad Syahrur memperlihatkan sisi modern mengenai apa yang dipandang sebagai prinsip inti Al-Qur’an.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan Teori Batas Muhammad Syahrur terhadap faktor yang menyebabkan pembagian harta warisan berdasarkan subjektifitas orang tua di Desa Karangan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo? Bagaimana tinjauan Teori Batas Muhammad Syahrur terhadap konsep pembagian harta warisan berdasarkan subjektifitas orang tua di Desa Karangan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo?.
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik.
Kesimpulan dalam skripsi yaitu Faktor pembagian warisan berdasarkan subjektifitas orang tua di Desa Karangan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo sudah sesuai dengan Teori Batas Muhammad Syahrur. Dengan berbagai macam faktor yang diantaranya: pengorbanan anak, yang telah merawat, dekat dengan anak, berdasarkan anak pertama, dan terhalang adat istiadat menjadi penyebab dibagikannya warisan oleh setiap narasumber sudah sesuai dengan kriteria kefleksibelan teori batas Muhammad Syahrur. Konsep pembagian harta berdasarkan sebjektifitas orang tua di Desa Karangan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo sudah sesuai dengan Teori Batas Muhammad Syahrur. Dengan alasan dalam pembagian warisan di setiap keluarga telah sesuai dengan batasan-batasan yang diusung dalam teori batas Muhammad Syahrur yaitu 2:1 dengan latar historis masa lampau yang dijadikan pedoman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khotifatul Defi Nofitasari
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:51
Last Modified: 22 Nov 2023 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26241

Actions (login required)

View Item View Item