..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Sosiologi Hukum Terhadap Praktik Kawin Tutup Di Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari Pacitan

Fadli, Muhammad (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Sosiologi Hukum Terhadap Praktik Kawin Tutup Di Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Muhammad Fadli - 101180181 - Hukum Keluarga Islam-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fadli, Muhammad, 2023. Analisis Sosiologi Hukum Terhadap Praktik Kawin Tutup Di Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari Pacitan. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Wahyu Saputra S.H.I., M.H.Li.
Kata Kunci/Keywords: Kawin Tutup, Kesadaran dan Kepatuhan Hukum
Kawin tutup adalah pernikahan dengan kondisi mempelai wanita hamil namun yang menikahinya bukan orang yang menghamilinya. persoalan kawin tutup menurut hukum perkawinan di Indonesia belum begitu jelas di atur dari UU Perkawinan maupun KHI dan KUHPerdata. Contoh adanya praktik kawin tutup yakni terjadi di Di Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi pelaku kawin tutup dan tokoh masyarakat Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari Pacitan terhadap praktik kawin tutup perspektif Sosiologi Hukum? (2) Bagaimana kesadaran dan kepatuhan hukum pelaku kawin tutup dan tokoh masyarakat Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari Pacitan berkaitan dengan praktik kawin tutup ?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris (yuridis empiris). Jenis penelitiannya adalah field research (lapangan). Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai adlaah analisis peneltiian induktif.
Dalam sosiologi hukum, konsep dasar hukum adalah sebagai alat pengendali sosial dan alat untuk mengubah sistem. Hukum sosial yang mengatur tentang tidak diperbolehkannya kawin tutup di masyarakat Desa Jatimalang sudah disadari betul, namun hukum sosial yang berlaku di masyarakat tidak dilaksanakan. Sehingga hukum sosial tersebut tidak dapat menjadi alat pengendali sosial begitupun alat untuk mengubah sistem adanya praktik kawin tutup. Pemahaman kesadaran masyarakat di Desa Jatimalang terkait kawin tutup sudah secara penuh disadari yakni kawin tutup merupakan perbuatan yang tidak dibenarkan, namun realitanya masyarakat masih belum bisa mematuhi atas apa yang mereka sadari dalam praktik kawin tutup. begitupula kurangnya peraturan untuk berbicara detail terkait kawin tutup dalam undang-undang perkawinan maupun KHI. Dari beberapa indikator kesadaran hukum menurut Otje Salman, masyarakat hanya memenuhi tiga dari empat indikator yakni memilliki pengetahuan tentang hukum, pemahaman hukum, dan pola perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:47
Last Modified: 22 Nov 2023 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26238

Actions (login required)

View Item View Item