Manajemen Program Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di MTs N 1 Ponorogo

Rahmawati, Rizqi Ulinni'mah (2023) Manajemen Program Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di MTs N 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190065 RIZQI ULINNI'MAH RAHMAWATI MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak:
Mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan sangat penting dan harus dilaksanakan. Madrasah unggul akan berdampak terhadap kepercayaan masyarakat pada lembaga pendidikan. Madrasah akan semakin meningkat yang terbukti dengan adanya banyak keinginan masyarakat untuk mendaftarkan anaknya sekolah di madrasah. Oleh sebab itu, madrasah harus tetap meningkatkan kualitas dan pelayanan agar masyarakat tetap memilih madrasah sebagai lembaga pendidikan yang dipilih. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan proses perencanaan program kelas unggulan dalam meningkatan mutu lulusan. (2) untuk memaparkan proses pelaksanaan program kelas unggulan dalam meningkatan mutu lulusan. (3) untuk menjelaskan proses pengawasan program kelas unggulan dalam meningkatan mutu lulusan. (4) untuk menganalisis implikasi program kelas unggulan dalam meningkatan mutu lulusan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles Huberman dan Saldana yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu lulusan, seperti: program kerja, tujuan dari program kerja, biaya yang diperlukan, waktu pelaksanaan, penanggung jawab, pelaksanaan, relasi, dan sasaran yang disepakati. (2) pelaksanaan program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu lulusan, tidak terlepas dari peran pemimpin dalam menggerakkan dan mendorong atau memotivasi. Hal ini tidak terlepas juga dari pengurus program, guru-guru dan siswa. (3) pengawasan program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu lulusan, berdasarkan menilai dan mengoreksi, serta mengukur kinerja dari setiap tenaga pendidikan dan siswa. (4) implikasi program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu lulusan dapat dilihat dari capaian atas indikator yang ada, yaitu: sikap, pengetahuan program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu lulusan dan keterampilan.
Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Peserta Didik, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:43
Last Modified: 22 Nov 2023 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26233

Actions (login required)

View Item View Item