Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli MS Glow Di Online Shop "PSM"

Selegar, Rizky (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli MS Glow Di Online Shop "PSM". Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102180026_Rizky Selegar_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Selegar, Rizky. 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli MS Glow Di Online Shop “PSM”. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata Kunci: Jual Beli Salam, Penetapan Harga.
Akad jual beli yang dilakukan oleh online shop “PSM” dengan pihak MS Glow adalah akad jual beli salam. Dalam pelaksanaannya pihak online shop “PSM” ini telah menetapkan harga jual produk MS Glow secara sepihak, yaitu menetapkan harga jual produk MS Glow di bawah harga official store, yaitu yang seharusnya menjual produk sepaket dengan harga Rp300.000,00 online shop “PSM” ini menetapkan dengan harga Rp250.000,00/paket.
Dalam peraturan yang sudah ditetapkan pihak MS Glow menyatakan bahwa para mitra bisnis MS Glow dilarang untuk menjual kembali produk MS Glow dengan harga di bawah harga official store. Pihak online shop “PSM” tidak memenuhi asas amanah dalam akad tersebut dan telah melanggar kesepakatan kedua belah pihak dan juga telah bersikap zalim terhadap reseller lain.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli MS Glow di online shop “PSM”? (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga secara sepihak yang dilakukan oleh online shop “PSM”?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) akad jual beli MS Glow yang dilakukan oleh pihak online shop “PSM” sudah sesuai dengan hukum Islam. Dilihat dari aspek al-'aqid, hal tersebut terlihat dari owner online shop “PSM” dan pihak MS Glow yang telah berusia lebih dari 15 tahun, berakal sehat. Kedua belah pihak juga memiliki hak untuk membelanjakan hartanya. Dilihat dari aspek al-muslam fih, objek yang digunakan dalam transaksi jual beli salam antara pihak MS Glow dengan online shop “PSM” yang sebagai reseller nya adalah produk-produk MS Glow. Dilihat dari aspek sighat, pernyataan ijab dan qabul yang dilakukan oleh para pihak adalah secara tertulis melalui pesan whatsApp, dan antara ijab dan qabul sudah saling berhubungan. (2) Pada penetapan harga jual produk MS Glow yang dilakukan secara sepihak oleh online shop “PSM” ini belum sesuai dengan hukum Islam, dikarenakan pihak online shop “PSM” telah melanggar kesepakatan awal dengan pihak official store MS Glow yaitu diam-diam menetapkan harga jual dengan sepihak dan di bawah harga official store. Sehingga menyebabkan kerugian bagi reseller MS Glow yang lain dan menciptakan persaingan usaha yang tidak sehat di antara para reseller lain. Dan hal tersebut tidak sesuai dengan konsep harga dalam hukum Islam karena telah menimbulkan kezaliman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:39
Last Modified: 22 Nov 2023 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26227

Actions (login required)

View Item View Item