Analisis Manajemen Risiko Dalam Upaya Meminimalisir Pembiayaan Murabahah Bermasalah di BPRS Al-MAbrur Ponorogo

Salsabila, Noviatul (2023) Analisis Manajemen Risiko Dalam Upaya Meminimalisir Pembiayaan Murabahah Bermasalah di BPRS Al-MAbrur Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Etheses_Noviatul Salsabila.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salsabila, Noviatul. Analisis Manajemen Risiko Dalam Upaya Meminimalisir Pembiayaan Murabahah Bermasalah di BPRS Al-Mabrur Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin, M.SE.
Kata Kunci: Manajemen Risiko, Pembiayaan Murabahah Bermasalah
Pada dasarnya pembiayaan di BPRS tidak jauh berbeda dengan pembiayaan yang berada di bank syariah. BPRS Al-Mabrur juga memiliki usaha yakni menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Pembiayaan merupakan sumber pendapatan bagi bank. Dalam melakukan pembiayaan, bank akan menghadapi berbagai risiko. Maka dalam sebuah bank harus ada analisis manajemen risiko agar dapat mengelola risiko secara tepat dan dapat menjaga kualitas pembiayaan. Namun analisis character yang dilakukan pihak bank tidak masimal, sehingga memicu adanya pembiayaan bermasalah.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penyebab timbulnya pembiayaan murabahah bermasalah di BPRS Al-Mabrur Ponorogo, manajemen risiko dalam upaya meminimalisir pembiayaan murabahah bermasalah di BPRS Al-Mabrur Ponorogo dan efektivitas manajemen risiko yang dilakukan oleh BPRS Al-Mabrur Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (pendekatan deskriptif). Penelitian dilakukan dengan mewawancarai pihak BPRS Al-Mabrur Ponorogo. Metode analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan metode triangulasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab timbulnya pembiayaan murabahah bermasalah terdiri dari tuntutan pasar dan persaingan, peningkatan kepercayaan pelanggan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas oprasional, peningkatan komplikasi bisnis dan peningkatan kualitas bank. Adapun penerapan manajemen risiko yang digunakan yaitu penajaman analisa oleh petugas lapangan, verifikasi data nasabah, rutin kunjungan, dan melaksanakan refreshment materi. Dengan penajaman analisa nasabah pihak bank bisa mengidentifikasi mulai dari karakter, latar belakang, usaha nasabah hingga neraca keuangan. Maka dari itu manajemen risiko pembiayaan sangatlah diperlukan dalam pembiayaan ini, agar dapat meminimalisir risiko yang akan timbul nanyinya. Sedangkan efektivitas manajemen risiko yang dilakukan sangat efektif. Akan tetapi jika risiko tersebut benar-benar terjadi maka pihak bank harus melakukan pendekatan kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:39
Last Modified: 22 Nov 2023 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26226

Actions (login required)

View Item View Item