Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Jual Beli Mystery Box "Variasi Sepeda Motor" Pada Marketplace Lazada

Pratama, Bagas Febri (2023) Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Jual Beli Mystery Box "Variasi Sepeda Motor" Pada Marketplace Lazada. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190005_BAGAS FEBRI PRATAMA_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Febri Pratama, Bagas, 2023. Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Jual Beli Mystery Box “Variasi Sepeda Motor” Pada Marketplace Lazada. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Junaidi, M. H. I.
Kata Kunci/keyword : Fikih Muamalah, Jual beli, Mystery box, Lazada.
Jual beli Mystery Box adalah suatu praktik jual beli kotak misteri yang dilakukan secara online. Jenis barang yang dijual dalam produk mystery box tersebut berisi berbagai macam variasi sepeda motor seperti handgrip variasi dan lampu LED variasi. Situs Lazada merupakan salah satu platform yang menjual mystery box di kalangan masyarakat. Berbeda dengan jual beli biasanya, jual beli ini bersifat unik dan menguntungkan. Barang yang sudah diterima oleh pembeli tidak dapat ditukarkan kembali kepada penjual. Secara umum jual beli ini dilakukan dengan konsep kejutan dan hanya diketahui jenis dari produk tersebut. Hal ini menimbulkan keraguan terpenuhinya syarat dan rukun jual beli menurut ketentuan fikih muamalah.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap akad dalam jual beli mystery box pada marketplace Lazada. (2) Untuk mengetahui bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap mystery box sebagai objek jual beli pada marketplace Lazada.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian pustaka (library research) mengenai akad mystery box variasi sepeda motor pada marketplace lazada. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ditinjau dari rukun jual beli sudah terpenuhi dan syarat jual beli mystery box tidak terpenuhi dari segi objeknya yaitu mengetahui sendiri keadaan barang maupun kualitasnya sehinggga akad jual belinya tidak sah (tidak terpenuhi dari syaratnya). Jual beli mystery box variasi sepeda motor termasuk kedalam bentuk jual beli lempar batu (munābadhah) sehingga ditinjau dari fikih muamalah diharamkan karena termasuk ke dalam bentuk maysir (untung-untungan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:20
Last Modified: 22 Nov 2023 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26224

Actions (login required)

View Item View Item