..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MTs NEGERI 2 PONOROGO)

Nur'azizah, Niken (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MTs NEGERI 2 PONOROGO). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210028_Niken Nur'azizah_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti terkait dengan adanya lembaga berbasis madrasah yang menurun eksistensinya, bahkan kehilangan eksistensi lembaga. Persaingan madrasah yang semakin besar untuk memikat minat masyarakat terhadap lembaga dengan berbagai strategi. Lembaga dengan strategi yang baik akan dapat memikat minat masyarakat, sedangkan lembaga yang tidak memiliki inovasi akan jauh tertinggal dan semakin kehilangan eksistensi di masyarakat.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perumusan strategi MTs Negeri 2 Ponorogo dalam peningkatan mutu pendidikan, serta implementasi dan evaluasinya di tengah-tengah persaingan lembaga pendidikan saat ini.
Temuan yang diproleh dari penelitian ini adalah bahwa dalam perencanaan strategik dalam peningkatan mutu pendidikan, MTs Negeri 2 Ponorogo sudah sesuai dengan kaidah. Proses perumusan strategi mencakup pengembangan visi dan misi, identifikasi peluang dan ancaman eksternal suatu organisasi, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan organisasi dalam rangka menyediakan costumer value terbaik. Implementasi strategik dalam peningkatan mutu pendidikan, lembaga tersebut telah berhasil mengorganisasikan seluruh pihak agar pelaksanaan lebih optimal dan maksimal. Program yang diterapkan diantaranya adalah program reguler, program bilingual, program percepatan, ICP, dan program ma’had. Terdapat juga berbagai ekstrakulikuler yang ditawarkan oleh lembaga ini. Selain itu juga terdapat program bagi tenaga pendidik dan kependidikan berupa pelatihan, seminar, workshop, dan lain-lain. Evaluasi strategik dalam peningkatan mutu pendidikan, dilaksanakan secara terbuka untuk mengetahui kendala dan hambatan. Kemudian diberikan solusi yang sesuai dengan situasi dan kondisi madrasah. Pelaksanaan evaluasi ini melalui berbagai aspek, seperti rapat/musyawarah, penyebaran google form, penilaian kerja, pengawasan secara intens dan pemberian dorongan, penguatan, serta motivasi kepada warga madrasah agar terus berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhamad Thoyib Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:13
Last Modified: 22 Nov 2023 01:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26219

Actions (login required)

View Item View Item