Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik Ditinjau dari Kecerdasan Emosi di SDN Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Rohmah, Putri Alfiyatul (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik Ditinjau dari Kecerdasan Emosi di SDN Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESES_203190083_PUTRI ALFI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berpikir reflektif sangat penting menjadi salah satu dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam belajar matematika. Pada dasarnya berpikir reflektif merupakan sebuah kemampuan peserta didik dalam menyeleksi pengetahuan yang telah dimiliki dan tersimpan dalam memorinya. Kurangnya kemampuan berpikir reflektif di SDN Lengkong disebabkan sebagian besar Peserta didik masih belum mampu menerapkan berpikir reflektif dalam masalah matematika. Kemudian menjadikan kesulitan dalam membentuk metode yang cocok untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Dalam kemampuan ini Peserta didik juga dipengaruhi oleh kecerdasan emosi yang dimilikinya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan emosi tinggi. (2) Menganalisis kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan emosi sedang. (3) Menganalisis kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan emosi rendah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif data.Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Tingkat kemampuan berpikir reflektif peserta didik dengan kecerdasan emosi tinggi mampu menerapkan lima aspek yaitu, kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Indikator yang sudah dipenuhi pada peserta didik tingkat tinggi ini adalah mampu mendeskripsikan masalah atau masalah matematik, mengidentifikasi maslah atau masalah matematik, menginterpretasi, mengevaluasi, dan mampu membuat kesimpulan. (2) Tingkat kemampuan berpikir reflektif peserta didik dengan kecerdasan emosi rendah hanya mampu menerapkan dua aspek yaitu, kesadaran diri dan empati . Indikator yang sudah dipenuhi pada peserta didik tingkat rendah adalah mampu mendeskripsikan situasi atau masalah matematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:40
Last Modified: 21 Nov 2023 07:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26209

Actions (login required)

View Item View Item