Peran Guru Diniyah dalam Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Santri di Pondok Pesantren Darul Muhajirin Joho Purwantoro Wonogiri

Khasanah, Ma'rifah Nur (2023) Peran Guru Diniyah dalam Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Santri di Pondok Pesantren Darul Muhajirin Joho Purwantoro Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Ma'rifah Nur Khasanah_201190141.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu keharusan dalam era digital ini agar peserta didik tidak mudah terpengaruh oleh sikap dan perilaku yang buruk. Peran guru diniyah sangatlah penting dibutuhkan dalam mendidik dan mengajar, guru juga memegang peran penting dalam membentuk karakter anak khususnya pada sikap tanggung jawab. Hal ini disebabkan guru adalah orang yang dapat bertanggungjawab dalam membentuk karakter dengan memberikan ilmu, iman, dan ketakwaannya. Oleh karena itu, peran seorang guru, khususnya guru diniyah diusahakan untuk dapat membentuk karakter peserta didik agar memiliki kepribadian baik dan berakhlak mulia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru diniyah sebagai pendidik, pembimbing, suri tauladan, dan motivator dalam pembentukan sikap tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Darul Muhajirin, selain itu juga untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat peran guru diniyah dalam pembentukan sikap tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Darul Muhajirin.
Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah, teknik analisis data interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, yang mencakup kata-kata dan kalimat informasi narasumber dan tindakan dari objek penelitian dengan jumlah sembilan partisipan, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut ditemukan beberapa peran guru diniyah dalam pembentukan sikap tanggung jawab: 1) Pendidik, berjalan dengan baik dapat dilihat dari: a) metode pembelajaran yang menarik, b) mengenal karakter peserta didik, c) pengetahuan guru yang luas. 2) Pembimbing, berjalan dengan baik dapat dilihat dari: a) cara guru memberikan informasi, b) membantu peserta didik yang bermasalah, c) mengenal dan memahami karakter peserta didik. 3) Suri tauladan berjalan dengan baik dapat dilihat dari: a) keteladanan guru, b) guru tidak pilih kasih. 4) Motivator berjalan dengan baik dapat dilihat dari: a) guru harus ramah dan terbuka, b) pemberian reward dan punishment, c) pembelajaran yang menyenangkan. 5) Faktor pendukung dan penghambat peran guru diniyah dalam pembentukan sikap tanggung jawab santri, faktor pendukungnya antara lain: a) faktor pendidik/guru, b) faktor orang tua, c) faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya dari santri yaitu: a) kurangnya pemahaman peserta didik tentang sikap tersebut. b) santri terkadang bandel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:37
Last Modified: 21 Nov 2023 07:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26207

Actions (login required)

View Item View Item