STRATEGI KONVERGENSI MEDIA CETAK RADAR MADIUN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA CYBERMEDIA

Kusumawati, Widia (2023) STRATEGI KONVERGENSI MEDIA CETAK RADAR MADIUN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA CYBERMEDIA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
302190121_WIDIA KUSUMAWATI_KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kusumawati, Widia. 2023. Strategi Konvergensi Media Cetak Radar Madiun dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Cybermedia. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, S.Sos., M.A.
Kata kunci: Media Cetak, Konvergensi Media, Strategi Konvergensi
Media cetak telah dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, yang menyebabkan mereka semakin digantikan oleh media online. Media cetak, seperti surat kabar dan majalah, terus kehilangan pembacanya sebagai akibat dari akses informasi yang mudah dan biaya produksi yang lebih tinggi akibat kenaikan harga kertas, karena media baru menawarkan lebih banyak keuntungan dalam hal kecepatan dan interaksi. Kehadiran teknologi digital dan menjamurnya media online menimbulkan bahaya lain bagi pendapatan iklan media cetak. Radar Madiun merupakan Koran daerah yang meliputi Karesidenan Madiun yaitu Madiun, Ponorogo, Ngawi, Magetan dan Pacitan. Surat kabar yang berdiri sejak tahun 1992 ini tentunya dituntut untuk melakukan perkembangan teknologi yang sedang eksis digunakan. Efek dari pesatnya perkembangan cybermedia harus di barengi dengan antisipasi. Antisipasi yang dilakukan adalah dengan melakukan konvergensi media seperti yang telah dilakukan oleh media nasional dan media internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi konvergensi media yang diterapkan Radar Madiun dalam melakukan konvergensi media, mengenali model konvergensi yang dilakukan oleh Radar Madiun dalam konvergensi media di era Cybermedia serta gambaran langsung penerapan konvergensi media. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adala penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah Radar Madiun menggunakan strategi konvergensi media 3M (Multimedia, Multichannel dan Multiplatform). Serta model konvergensi media yang dipakai yaitu Konvergensi Newsgathering dan Konvergensi Content. dimana dalam model ini seorang reporter dituntut untuk mampu menjadi multitasking. Satu reporter bekerja untuk beberapa platform sekaligus. Dalam pelaksanaannya budaya kerja, sumber daya manusia, dan teknologi menjadi faktor pendukung sekaligus penghambat konvergensi. Konvergensi media membutuhkan sumberdaya manusia yang yang mempunyai kemampuan bekerja untuk beberapa platform dan juga teknologi yang memadai. Selain itu konvergensi juga mengubah budaya kerja yang semula single platform menjadi multiplatform.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:35
Last Modified: 21 Nov 2023 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26205

Actions (login required)

View Item View Item