PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SAVI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DONGENG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MIN 7 PONOROGO

Masruroh, Ihda Lutfi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SAVI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DONGENG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MIN 7 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESES__20319005_IHDA LUTFI MASRUROH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Masruroh, Ihda Lutfi, 2023, Pengaruh Penggunaan Model SAVI terhadap Keterampilan Membaca Dongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIN 7 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, Keterampilan Membaca.
Membaca menjadi hal dasar yang harus dikuasai setiap siswa. Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan siswa dalam keterampilan membaca terhadap pemahaman isi cerita dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIN 7 Ponorogo. Faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan keterampilan membaca tersebut dikarenakan kurangnya minat baca pada siswa serta model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar masih banyak yang dilaksanakan secara konvensional. Maka dari itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran SAVI.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan membaca dongeng mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIN 7 Ponorogo dan (2) memaparkan pelngaruh model pembelajaran SAVI telrhadap keterampilan membaca dongeng mata pelajaran Bahasa Indonelsia kelas IV di MIN 7 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan model quasi eksperimental design dan jenis model nonequivalent kontrol group design. Sampel yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV Umar Bin Khattab sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Abu Bakar sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas dan uji independent sample t test. Uji pada penelitian ini menggunakan SPSS 20.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran SAVI memperoleh hasil penghitungan dengan kategori baik. Hal itu dibuktikan dari nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 57.30 setelah diberikan model pembelajaran SAVI meningkat menjadi 91.05. (2) Terdapat perbedaan keterampilan membaca dongeng siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dibuktikan dengan nilai Uji Independent Sample T-test Sig. (2-taileld) sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman dongeng siswa kelas IV di MIN 7 Ponorogo antara kelas yang diberikan perlakulan model pembelajaran SAVI dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan model pembelajaran SAVI, sehingga penggunaan model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman dongeng siswa kelas IV di MIN 7 Ponorogo secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:34
Last Modified: 21 Nov 2023 07:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26204

Actions (login required)

View Item View Item