Strategi Pengelolaan Unit Usaha di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Mubaroq, Furqon (2023) Strategi Pengelolaan Unit Usaha di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190257_Furqon Mubaroq_Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini banyak pesantren yang telah melaksanakan pelaksanaan perekonomian. Salah satunya Pondok Pesantren Darul Huda Mayak yang memiliki sekitar tiga belas unit usaha dengan adanya berbagai unit usaha tersebut dapat menjadi sarana pendidikan dalam bidang kemandirian,
kewiraswastaan, keikhlasan, dan pengorbanan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi pengelolaan unit usaha yang dilakukan oleh pengurus Khoddamul Ma’had atau ketua unit usaha yang ada di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dalam mengelola dan faktor serta dampak yang ditimbulkan oleh unit usaha. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Tekniok pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, dengan metode analisis menggunakan deduktif.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pengelolaan yang digunakan dalam unit usaha yang berada di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yaitu menganalisis perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengontrolan, faktor pendukung, faktor penghambat, dan dampak dalam upaya mengembangkan unit usaha yang ada. Secara umum strategi pengelolaan yang diterapkan oleh lembaga pengurus Khoddamul Ma’had sudah menerapkan strategi pengelolaan dengan semestinya, akan tetapi masih diperlukannya evaluasi untuk lebih baik kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:31
Last Modified: 21 Nov 2023 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26201

Actions (login required)

View Item View Item