..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Pengelolaan Keuangan Pada Bantuan Program Keluarga Harapan PKH dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo

Nikmah, Neli Mafatikun (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Pengelolaan Keuangan Pada Bantuan Program Keluarga Harapan PKH dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190132 Neli Mafatikun Nikmah. (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program sosial yang memberikan bantuan keuangan kepada rumah tangga yang memenuhi syarat tertentu dengan meminta anggota keluarga RTSM untuk mengubah perilaku miskin. Salah satu tujuan PKH adalah program asistensi sosial kepada rumah tangga yang memenuhi kualifikasi tertentu dengan memberlakukan persyaratan dalam rangka untuk mengubah perilaku miskin. Hadirnya PKH ini diharapkan sanggup menolong keluarga miskin sehingga dapat mengurangi beban pengeluaran. Hal ini dapat dilihat pada bagaimana masyarakat mengatur dan mengelola keuangan PKH ini. Mengatur dan mengelola yang dimaksud adalah seseorang dapat mengalokasikan pendapatan yang dimiliki untuk berbagai hal, diantaranya untuk konsumsi, kebutuhan pendidikan, dan simpanan.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai bagaimana pengelolaan keuangan pada bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, dan bagaimana dampak Program Keluarga Harapan (PKH) bagi kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi kepada masyarakat penerima PKH. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif.
Dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) sebenarnya sudah berjalan dengan baik akan tetapi masalah kemiskinan belum juga bisa dientaskan secara maksimal. Karena sebagian masyarakat penerima PKH Desa Temon, Kecamatan Sawoo ini dalam mengelola keuangannya masih belum sesuai dengan tujuan program tersebut. Dampak dari Program Keluarga Harapan (PKH) bagi masyarakat yaitu hampir semua mengatakan Progam PKH ini berdampak positif. Dengan adanya PKH ini keluarga penerima manfaat merasa terkurangi beban pengeluaran dan pendapatan, memperoleh ilmu terkait manajemen keuangan, dapat mengatur keuangan PKH dengan cara yang bijak, dapat mencapai kestabilan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:26
Last Modified: 21 Nov 2023 06:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26198

Actions (login required)

View Item View Item