..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Implementasi Fatwa No. 115/DSN-MUI/IX/2017 Tentang Akad Muḍarabah Terhadap Pelaksanaan Investasi Di Swalayan Surya Katong Ponorogo

Yanuari, Nanda Dwi (2023) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Implementasi Fatwa No. 115/DSN-MUI/IX/2017 Tentang Akad Muḍarabah Terhadap Pelaksanaan Investasi Di Swalayan Surya Katong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
NANDA DWI YANUARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
YANUARI, NANDA DWI. 2023. Implementasi Fatwa No. 115/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Muḍa>rabah Terhadap Pelaksanaan Investasi Di Swalayan Surya Katong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakutas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Farida Sekti Pahlevi, S,Pd., S.H., M.Hum.
Kata Kunci: Investasi, Muḍa>rabah, Fatwa.
Swalayan Surya Katong Ponorogo merupakan salah satu swalayan yang menerapkan kerjasama dalam pelaksanaan usahanya. Kerjasama yang dibangun antara kedua belah pihak penanam modal dan pengelola didasarkan pada surat perjanjian penyertaan modal yang disepakati oleh kedua belah pihak. Muatan dalam surat perjanjian penyertaan modal tersebut jika ditinjau dari fatwa No.115/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Muḍa>rabah terdapat permasalahan yaitu terhadap point kesepakatan kerjasama yang belum terakomodir di dalam surat perjanjian serta dalam poin pembagian hasil yang disepakati.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah: Bagaimana implementasi Fatwa No.115/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Muḍa>rabah terhadap akad investasi di Swalayan Surya Katong Ponorogo dan bagaimana implementasi Fatwa No.115/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Muḍa>rabah terhadap sistem bagi hasil di Swalayan Surya Katong Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dari informan dengan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui referensi-referensi pendukung seperti buku, jurnal, fatwa DSN-MUI dan penelitian terdahulu yang berkaitan dengan muḍa>rabah..
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kerjasama penanaman modal di Swalayan Surya Katong Ponorogo menggunakan prinsip muḍa>rabah di dalam Islam yaitu muḍa>rabah muthlaqah. Pada poin kesesuaian akad investasi yang diterapkan belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam fatwa. Ketentuan para pihak, dan ketentuan ra’s mal telah sesuai dengan fatwa No. 115/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Muḍa>rabah, yaitu pada perjanjian penanaman modal poin 1, 3 dan 4, akan tetapi pada ketentuan akad, ketentuan alokasi pembagian keuntungan, dan ketentuan terkait usaha yang dilaksanakan belum termuat di dalam surat perjanjian. Sedangkan implementasi fatwa No. 115/DSN-MUI/IX/2017 terkait pembagian hasil dalam perjanjian penanam modal belum sesuai, dikarenakan terdapat redaksi perjanjian yang menunjukkan bahwa besaran pembagian hasil ditentukan berdasarkan modal yang ditanam, dan tidak dapat dipengaruhi oleh besaran keuntungan usaha yang didapatkan yang mengakibatkan pembagian hasil yang diterima adalah tetap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:20
Last Modified: 21 Nov 2023 06:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26194

Actions (login required)

View Item View Item