Pengaruh Kinerja Dosen, Kualitas Layanan Administrasi Akademik Tenaga Kependidikan dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023

Ika Rahmawati, Ria (2023) Pengaruh Kinerja Dosen, Kualitas Layanan Administrasi Akademik Tenaga Kependidikan dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210033_Ria Ika Rahmawati_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada era modern seperti sekarang ini perkembangan pendidikan tumbuh semakin pesat, menjadikan pemerintah terus menerus melakukan perbaikan pada sistem pendidikan. Hal ini sejalan dengan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan formal khususnya pada pendidikan tinggi terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini menjadikan lembaga pendidikan tinggi dituntut untuk selalu meningkatkan pelayanan yang diberikan agar dapat memuaskan mahasiswanya. Faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa yaitu kualitas pelayanan, kualitas produk, serta harga atau pembiayaan yang dikeluarkan mahasiswa selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui signifikasi pengaruh kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo, 2) untuk mengetahui signifikasi pengaruh kualitas layanan administrasi akademik tenaga kependidikan terhadap kepuasan mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo, 3) untuk mengetahui signifikasi pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo, 4) untuk mengetahui signifikasi pengaruh kinerja dosen, kualitas layanan administrasi akademik tenaga kependidikan dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa sejumlah 60 orang dari 152 dan teknik sampel yang digunakan adalah random sampling.
Berdasarkan analisis data ditemukan: (1) adanya pengaruh Kinerja Dosen (X1) terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo sebesar 68,3% sementara sisanya 31,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. (2) adanya pengaruh Kualitas Layanan Administrasi Akademik Tenaga Kependidikan (X2) terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo sebesar 58,1% sementara sisanya 41,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. (3) adanya pengaruh kelengkapan Fasilitas Belajar (X3) terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo sebesar 69% sementara sisanya 31% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. (4) adanya pengaruh Kinerja dosen (X1), Kualitas layanan Administrasi Akademik Tenaga Kependidikan (X2) dan Kelengkapan Fasilitas Belajar (X3) terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo sebesar 78,8% sementara sisanya 21,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kholis dan Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:48
Last Modified: 21 Nov 2023 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26189

Actions (login required)

View Item View Item