..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Budaya Sekolah dan Pemahaman Materi Akidah Akhlak terhadap Perilaku Religius Siswa pada Kelas V di MI Ma’arif Ngrupit Tahun 2022/2023

Sari, Juwita (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Budaya Sekolah dan Pemahaman Materi Akidah Akhlak terhadap Perilaku Religius Siswa pada Kelas V di MI Ma’arif Ngrupit Tahun 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190057_Juwita Sari_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku religius merupakan perilaku yang mempengaruhi segala aktivitas kehidupan seseorang berdasarkan ajaran agama yang dianutnya. Jalaluddin menyatakan, perilaku religius seseorang terbentuk dari berbagai unsur kejiwaan yang mencakup kognitif, afektif dan konatif. Selain terbentuk dalam diri individu, perilaku religius juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, yakni lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Perilaku religius dapat terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan. Oleh karena itu, budaya sekolah yang dilaksanakan secara rutin di lingkungan sekolah dan pemahaman materi akidah akhlak menjadi peranan penting terhadap perilaku religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji dan menganalisis pengaruh budaya sekolah terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit, (2) menguji dan menganalisis pengaruh pemahaman materi akidah akhlak terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit, (3) menguji dan menganalisis pengaruh secara bersama-sama antara budaya sekolah dan pemahaman materi akidah akhlak terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) nilai Sig.t 0,00 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit. (2) Nilai Sig.t 0,00 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa pemahaman materi akidah akhlak berpengaruh terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit. (3) Nilai koefisien determinasi variabel Budaya Sekolah dan Pemahaman Materi Akidah Akhlak terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit sebesar 85,6%, sisanya sebesar 14,4% dijelaskan oleh faktor (variabel-variabel) lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:43
Last Modified: 21 Nov 2023 03:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26188

Actions (login required)

View Item View Item