..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo

Azizi, Hisyam Riza (2023) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190033_Hisyam Riza Azizi_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Azizi, Hisyam Riza, 2023. Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran Santri

Pendidikan pesantren disebutkan setidaknya pesantren memiliki sarana dan prasarana yang terdiri atas, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, dan ruang laboratorium. Akan tetapi, dalam mengembangkan mutu pembelajaran terutama di pesantren, banyak masalah yang dihadapinya, salah satu masalah yang ada meliputi sarana dan prasarana yang belum memadai untuk para santri, serta kekurangan sumber daya menusia yang berpengalaman dalam menjalankan tugasnya pada bagian sarana dan prasarana yang dapat menjadi faktor penghambat dalam proses pembelajaran di pesantren. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo yang mana mengalami bertambahnya jumlah santri di setiap tahunnya, sehingga tidak menutup kemungkinan kurangnya kelengkapan berupa sarana dan prasarana dalam memenuhi fasilitas santri.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran santri, 2) Pemanfaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran santri, 3) Implikasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran santri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumetasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, menampilkan data, dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) Perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran santri yang ada di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak meliputi: identifikasi kebutuhan-kebutuhan yang akan diadakan, menganalisis kebutuhannya, menginventarisasi barang yang ada. Pengadaan barang yang akan diadakan haruslah membuat proposal yang kemudian diajukan kepada pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. 2) Pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di pondok pesantren Darul Huda Mayak. Kegiatan pemanfaatan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh pengurus Sarana dan prasarana Pondok Pesantren Darul Huda Mayak yaitu dengan mendistribusikannya. Bidang sarana dan prasarana juga melakukan pengecekan terkait sarana dan prasarana penunjang pembelajaran. 3) Indikator peningkatan mutu pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak meliputi hasil akhir yang bisa dilihat dari prestasi akademik dan nonakademik santri, hasil langsung yang dapat diketahui melalui tes secara lisan maupun tertulis, proses pendidikan yaitu dengan memanfaatkan sarana dan prasarana sebagai mestinya dan dengan semaksimalnya, instrumen input yakni para pengajar atau ustaz yang menguasai materi bahan ajar, RAW input dan lingkungan yang mana hal ini lingkungan sangatlah berpengaruh terhadap prestasi belajar santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:40
Last Modified: 21 Nov 2023 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26183

Actions (login required)

View Item View Item