..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Talak Di Luar pengadilan Menurut Pandangan Tokoh Agama (studi Kasus Di Desa Sumberbening Kecamatan Karangjai Kabupaten Ngawi)

Effendi, Khoirul (2023) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Talak Di Luar pengadilan Menurut Pandangan Tokoh Agama (studi Kasus Di Desa Sumberbening Kecamatan Karangjai Kabupaten Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E Thesis-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Effendi, Khoirul: Talak Di Luar Pengadilan Menurut Pandangan Tokoh Agama (Studi Kasus Di Desa Sumberbening Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi)” Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo 2023. Pembimbing Lia Noviana, M.H.I.

Kata kunci/keyword: Talak, Luar Pengadilan, Tokoh Agama

Talak merupakan perbuatan yang di perbolehkan namun di benci oleh Allah SWT. Regulasi yang mengatur tentang permasalahan talak mulai tata cara hingga pencatatan di atur secara rinci dalam Undang - undang No 1 Tahun 1971 dan KHI. Namun pada praktik yang ada di masyarakat masih banyak yang menganggap talak lumrah untuk di lakukan di luar pengadilan diantaranya ialah masyarakat di Desa Sumberbening Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi. Peneliti menemukan 8 anggota yang melakukan talak di luar pengadilan sepanjang tahun 2019-2020. Tercatat 90% masyarakat Desa Sumberbening beragama islam dan juga terdapat organisai keagamaan yang bervariasi yaitu Nahdatul Ulama, Muhammadiyah dan LDII, maka dari itu peneliti tertarik untuk mengupas lebih dalam tentang talak di luar pengadilan menurut pandangan tokoh agama di Desa Sumberbening Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pandangan Tokoh Agama Terkait Talak di Luar Pengadilan di Desa Sumberbening Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi? (2) Bagaimana Pandangan Tokoh Agama Terkait Dampak Negatif Talak Diluar Pengadilan di Desa Sumberbening Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi?
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang terjun langsung ke lapangan guna mengadakan penelitian pada objek yang dibahas yaitu tentang bagaimana terjadinya talak di luar pengadilan. Sumber Data penelitin (1)Primer Dalam hal ini data yang diperoleh dari wawancara antara peneliti dengan narasumber di antaranya yakni, Tokoh Agama dari organisasi NU, Muhammadiyah dan LDII. (2) Sumber Data Sekunder diperoleh dari buku-buku ilmiah, hasil penelitian, dan karya ilmiah, yaitu buku perkawinan / munakahat. Dan peraturan perundang – undangan sebagai penyeimbang dalam penyajian hasil penelitian
Kesimpulan penelitian ini adalah Pandangan tokoh agama tentang talak di luar pengadilan dapat diklarifikasikan menjadi 2, pertama golongan yang mewajibkan pencatan yaitu Muhammadiyah, kedua golongan yang tidak mewajibkan pencatatan yaitu NU dan LDII. Adapun alasan pandangan kedua yaitu golongan yang tidak mewajibkan pencatatan adalah Sebuah ikrar talak yang dilakukan suami kepada istri tidak terbatas tempat dan waktu jadi meskipun itu dilakukan diluar persidangan talak yang di ucapkan seorang suami terhadap istrinya tersebut sah. Selanjutnya dampak talak di luar Pengadilan secara substansi menurut tokoh agama yaitu dapak sosial,hukum, dan ekonom

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Noviana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:37
Last Modified: 21 Nov 2023 03:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26179

Actions (login required)

View Item View Item