PREFERENSI PENGUSAHA MUSLIM DESA BANGUNSARI DALAM PEMBIAYAAN MODAL KERJA MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF ANTARA PRINSIP-PRINSIP SYARIAH DAN TEORI PILIHAN RASIONAL

Putra, Bimantara Eka Putra (2023) PREFERENSI PENGUSAHA MUSLIM DESA BANGUNSARI DALAM PEMBIAYAAN MODAL KERJA MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF ANTARA PRINSIP-PRINSIP SYARIAH DAN TEORI PILIHAN RASIONAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402180123_Bimantara Eka Putra_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Putra, Bimantara Eka. Preferensi Pengusaha Muslim Desa Bangunsari Dalam Pembiayaan Modal Kerja Melalui Pendekatan Integratif Antara Prinsip- Prinsip Syariah Dan Teori Pilihan Rasional. Skripsi, 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Husna Ni’matul Ulya, M.E.Sy.
Kata Kunci : Preferensi, Pengusaha, Syariah, Rasional.
Dibandingkan dengan desa desa di sekitarnya, bangunsari merupakan desa dengan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari instansi maupun perkantoran, sekolah maupun pendidikan, wahana rekreasi maupun olahraga, kuliner, dan lain sebagainya. Preferensi merupakan kecenderungan seseorang untuk memilih atau mengutamakan sesuatu hal. Konsumen adalah setiap orang yang melakukan tindakan membeli, menggunakan atau mengonsumsi berbagai jenis barang dan jasa baik untuk memenuhi kebutuhan yang paling dasar sampai dengan kebutuhan untuk mengaktualisasikan dirinya.
Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk menganalisis preferensi pengusaha muslim Desa Bangunsari dalam melakukan pembiayaan modal kerja, faktor-faktor yang melatarbelakangi preferensi pengusaha muslim desa bangunsari, serta integrasi antara prinsip syariah dan teori pilihan rasional. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu obaservasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Desa Bangunsari, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa pengusaha muslim Desa Bangunsari dalam menentukan preferensinya berdasarkan harga atau bunga dalam pembiayaan, kualitas pelayanan seperti proses pembiayaan dan pencairan, dan juga tangibles atau fasilitas dan juga akses yang terjangkau. Integrasi prinsip-prinsip syariah dan teori pilihan rasional dalam membentuk preferensi pengusaha muslim dalam pembiayaan modal yakni walaupun para pengusaha muslim desa bangunsari lebih memilih untuk melakukan pembiayaan di bank konvensional dan mengabaikan riba, namun mereka tidak begitu saja mengabaikan prinsip-prinsip syariah lainnya seperti gharar yang berarti ketidakjelasan atau menipu, dan maysir yaitu permainan atau judi.
Bank Syariah di wilayah madiun diharapkan dapat lebih meningkatkan performanya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas agar dapat lebih bersaing dan kompetitif dari segi Brand Image, persentase bagi hasil, dan proses serta persyaratan pembiayaan yang mudah dan cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni’matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:36
Last Modified: 21 Nov 2023 03:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26176

Actions (login required)

View Item View Item