Tinjauan Maslahah terhadap Jual Beli Urine Kelinci (Studi Kasus di Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo)

Musyahadah, 'Izzatul (2023) Tinjauan Maslahah terhadap Jual Beli Urine Kelinci (Studi Kasus di Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETESIS FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan hukum Islam, jual beli sesuatu yang najis adalah tidak boleh, seperti halnya jual beli urine kelinci. Urine kelinci merupakan sesuatu yang kotor dan menjijikkan. Namun di sisi lain urine kelinci memiliki banyak manfaat sebagai pupuk pada tanaman, dari penelitian yang dilakukan aspek kemanfaatan urine kelinci lebih besar daripada aspek ketidak manfaatannya. Jual beli urine kelinci tersebut dapat ditinjau dari asas maslahah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan mas}lah}ah terhadap objek jual beli urine kelinci di Ds. Siwalan Kec. Mlarak dan kedua bagaimana tinjauan mas}lah}ah terhadap akad jual beli urine kelinci di Ds. Siwalan Kec. Mlarak.
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan normatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumetasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif .
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa dianalisis menggunakan Mas}lah}ah objek yang digunakan dalam jual beli urine kelinci di Desa Siwalan Kecamatan Mlarak tidak memenuhi rukun dan syarat yang telah ditetapkan, yakni dari segi kesucian objeknya. Sehingga karena bjek tersebut tidak memenuhi syarat dan rukun, maka akad yang dilakukan pun batal atau tidak sah meskipun di dalamnya mengandung banyak manfaat. Dengan demikian penulis berpendapat agar pemanfaatan urine kelinci tetap dilakukan, maka terdapat sebuah alternatif akad pindah tangan urine kelinci tersebut yakni dengan jalan ijrah (upah mengupah), yakni uang yang diberikan sebagai imbalan atas usaha atau tenaga pengumpulan urine. Karena akad tidak terikat dengan syarat kesucian sebuah barang. Pemanfaatan urine kelinci seperti yang telah dijelaskan dalam skripsi ini termasuk ke dalam mas}lah}ah mursalah, kemaslahatan ini dibiarkan oleh syara’ dan diserahkan kepada manusia untuk diambil atau tidak mengambilnya, dan dikategorisasikan atau dalam tingkatan mas}lahah h}ajiyah yakni dalam hal menyempurnakan pemenuhan kebutuhan (kebutuhan sekunder manusia).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:35
Last Modified: 21 Nov 2023 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26175

Actions (login required)

View Item View Item