TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PROSES PRODUKSI KERUPUK (STUDI KASUS DI DESA SUGIHREJO KECAMATAN KAWEDANAN KABUPATEN MAGETAN)

Al-Wahid, Mochammad Sirajuddin (2023) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PROSES PRODUKSI KERUPUK (STUDI KASUS DI DESA SUGIHREJO KECAMATAN KAWEDANAN KABUPATEN MAGETAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
MOCHAMMAD SIRAJUDDIN AL-WAHID-102190136-HES.pdf

Download (2MB)

Abstract

Etika bisnis Islam adalah sejumlah perilaku etika bisnis (akhla>q al-Isla>miyah) yang dibungkus dengan ketentuan syari’ah. Dalam etika bisnis Islam mengedepankan kejujuran. Namun saat ini masih terdapat produsen yang memakai alat dan dahan seperti penggunaan drum bekas dalam proses pemroduksianya. Contohnya praktik produksi kerupuk di Desa Sugihrejon Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan yang mana mengklaim bahwasanya alat dan bahan yang digunakan dalam pemproduksian higienis dan benar namun dalam kenyataanya tidak seperti itu. hal ini juga belum sesuai dengan Undang-undang Perlindungan konsumen karena dapat merugikan pihak konsumen.
Berdasarkan latar belakang di atas penulis menggunakan dua rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam dan Undang- Undang Perlindungan Konsumen terhadap penggunaan drum bekas dan rak untuk wadah pengolahan kerupuk di Desa Sugihrejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan? (2)Bagaimana tinjauan Etika Bisnis Islam dan undang-undang perlindungan konsumen terhadap pengolahan dan pengemasan di Desa Sugihrejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu mengamati (observasi) pada proses pembuatan kerupuk di Desa Sugihrejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Menggali informasi dengan wawancara dan dokumentasi, dengan mendatangi langsung ke tempat penelitian melakukan pengamatan secara langsung apa fakta sebenarnya yang terjadi di lapangan, kemudian menarik kesimpulan dengan pengamatan tersebut.
Berdasarkan penelitian lapangan penulis dapat menyimpulkan bahwa (1) Dari alat dan bahan yang digunakan dalam peroduksian bahan pembuatan kerupuk di Desa Sugihrejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan belum sesuai dengan etika bisnis Islam karena tidak memenuhi prinsip kehendak bebas, kebenaran, dan tanggung jawab. Sedangkan berdasar Undang-undang perlindungan konsumen belum sesuai dengan pasal 4 tentang hak konsumen dan belum sesuai dengan pasal 7 tentang kewajiban pelaku usaha yang belum mengusahakan untuk menjaga kebersihan dan keamanan penggunaan alat dan bahan pengolahan kerupuk yang diproduksinya. (2) pada proses pengolahan bahan mentah menggunakan brum dan rak piring bekas selain itu juga menggunakan minyak curah yang berulang-ulang belum memenuhi prinsip kehendak bebas dan tanggung jawab dan melanggar Undang-undang perlindungan konsumen pasal 4 tentang hak konsumen belum terpenuhi dan pasal 7 yang sudah berlaku sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Syakirin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:34
Last Modified: 21 Nov 2023 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26173

Actions (login required)

View Item View Item