..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Kemampuan Siswa dalam Menemukan Unsur-unsur Intrinsik Dongeng "Menghindari Pemburu" Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Mi Ma'arif Setono Ponorogo

Maulinda, Laela Cahya (2019) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Kemampuan Siswa dalam Menemukan Unsur-unsur Intrinsik Dongeng "Menghindari Pemburu" Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Mi Ma'arif Setono Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190153_Laela Cahya Maulinda_FATIK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maulinda, Laela Cahya. 2023. Kemampuan Siswa dalam Menemukan Unsur-unsur Intrinsik Dongeng “Menghindari Pemburu” pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Mi Ma’arif Setono Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Lukman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan, unsur Intrinsik, dongeng, pembelajaran bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang penting dalam kurikulum penddikan dasar yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Kemampuan mencakup empat aspek yaitu kemampuan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa, karena tanpa membaca tidak akan terjadi proses berbicara, menyimak, dan menulis. Membaca dapat membantu siswa mengingat tentang apa yang telah dibaca dan memahami isi yang terkandung dalam setiap bacaan yang dibaca terutama dalam menemukan unsur-unsur intrinsik yang terdapat pada dongeng yaitu tema, tokoh, penokohan, sudut pandang, latar, alur dan amanat. Kemampuan siswa dalam menemukan unsur-unsur intrinsik dongeng masih memprihatinkan yang disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam membaca dongeng. Oleh karena itu, banyak siswa yang kesulitan dalam menemukan unsur-unsur intrinsik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menemukan unsur-unsur intrinsik Dongeng “Menghindari Pemburu” pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Ma’arif Setono Ponorogo, (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi siswa dalam menemukan unsur-unsur Intrinsik dongeng “Menghindari Pemburu” pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’arif Setono Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Setono Ponorogo, dengan informan yang terdiri dari 25 siswa kelas IV MI Ma’arif Setono Ponorogo. Pengambilan data dilakukan melalui tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Partisipan penelitian dari siswa kelas IV, dan guru wali kelas di MI Ma’arif Setono Ponorogo. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) kemampuan siswa menemukan unsur-unsur intrinsik dengan kemampuan tinggi yaitu mampu menemukan unsur tema, tokoh, penokohan, latar, alur dan amanat. Hal ini dibuktikan ketika mereka tidak mengalami kesulitan dalam menemukan unsur-unsur intrinsik kecuali pada unsur sudut pandang. Siswa dengan kemampuan sedang mampu dalam menemukan unsur tema, tokoh, penokohan, latar dan amanat. dan siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu menemukan unsur tema, tokoh, penokohan, dan amanat. (2) faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menemukan unsur-unsur intrinsik yaitu kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia, kurangnya motivasi siswa, siswa seringkali tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya percaya diri dalam menyelesaikan soal, dan siswa masih kurang dalam memahami isi yang terkandung dalam setiap bacaan yang dibaca. Dari faktor tersebut, solusinya yaitu dengan memberikan motivasi, mengukur kembali kemampuan siswa, memberikan perhatian khusus, bagi siswa berkemampuan rendah, dan membuat pojok baca dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:28
Last Modified: 21 Nov 2023 03:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26166

Actions (login required)

View Item View Item