..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Keengganan Menikah Pada Dewasa Madya (Studi Kasus di Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo)

Windarto, Rika Putri (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Keengganan Menikah Pada Dewasa Madya (Studi Kasus di Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
RIKA PUTRI WINDARTO.101190248.Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan ialah ibadah wajib bagi seluruh umat Islam agar dapat hidup berpasang-pasangan dan menciptakan keharmonisan serta anak keturunan yang sholih sholihah. Dalam Islam, pernikahan diatur dalam hukum Islam yang haq sebagai pedoman umat. Sebab, pernikahan yang mulia ialah pernikahan yang sesuai dengan perintah Allah Swt, dan diajarkan oleh Rasulullah Saw. Namun, realita dari beberapa penelitian, terdapat seorang yang enggan menjalankan pernikahan. Seperti yang ada di desa Grogol, Sawoo, Ponorogo, bahwa warga yang enggan menikah disebabkan oleh trauma akibat kejadian di keluarganya, merasa tidak pantas untuk siapapun, dan memilih untuk merawat kedua orangtuanya, sehingga peneliti ingin meneliti lebih dalam sebab keengganan menikah di desa tersebut.
Rumusan masalah pada penelitian ini ialah (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap alasan keengganan untuk menikah di Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap dampak dari dewasa madya yang enggan untuk menikah di Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo?
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan metode studi kasus yang mengkaji suatu fenomena yang
bersifat alami dan sesuai realita dengan hasil kutipan data
dari warga dalam bentuk kata-kata. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan penelitian bahwa (1) menurut hukum Islam, alasan keengganan menikah bagi dewasa madya di desa Grogol adalah ada yang wajib, mubah, haram dan makruh (2) Menurut hukum Islam terhadap dampak keengganan menikah pada dewasa madya di Desa Grogol, Sawoo, Ponorogo terdapat pada Q.S Surah an-Nur:32 dan Al Israa’: 32 yang merintahkan bahwa menyegerakan pernikahan adalah hal paling baik daripada melakukan perzinaan tanpa adanya hubungan yang halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:26
Last Modified: 21 Nov 2023 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26165

Actions (login required)

View Item View Item