..(FILE YG DIUPLOAD ADALAH FILE SKRIPSI BUKAN JURNAL, UPLOAD ULANG)..Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo

Putri, Vita Permatasari (2023) ..(FILE YG DIUPLOAD ADALAH FILE SKRIPSI BUKAN JURNAL, UPLOAD ULANG)..Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
JURNAL MA'ALIM 201180230 VITA PERMATASARI PUTRI.pdf

Download (615kB)

Abstract

Putri, Vita Permatasari, 2022. Analisis Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Group Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ju’subaidi, M.Ag.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Whatsapp Group, Pembelajaran PAI.
Kehadiran media pembelajaran sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar. Aplikasi Whatsaapp hadir sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas dan evisiensi dalam proses pembelajaran daring. Keterlibatan smartphone dalam pembelajaran memberikan siswa kesempatan untuk mengendalikan pendidikan dan mengembangkan rasa memiliki pilihan untuk belajar melalui media yang paling nyaman. Fungsi smartphone sebagai media pembelajaran juga bermanfaat sebagai alat komunikasi, media atau sumber informasi, dan penyimpanan data pembelajaran siswa.
Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan menjelaskan hambatan yang dialami siswa dalam peengunaan Whatsapp.
Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi WhatsApp dimanfaatkan sebagai media pembelajaran daring karena dapat memberikan kemudahan bagi guru yang terkendala dalam memanfaatkan teknologi dan orang tua sebagai pendamping peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran daring karena aplikasi WhatsApp lebih mudah untuk dioperasikan. Pelaksanaan pembelajaran daring dengan memanfaatkan fitur aplikasi WhatsApp memuat kegiatan pembuka, penyampaian materi pembelajaran, pemberian skor nilai dan pemberian apresiasi kepada peserta didik sehingga dapat dikatakan cukup efektif dalam hal kesiapan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, motivasi belajar, pemahaman materi, hasil belajar, penyampaian dan pengumpulan tugas. Guru dapat memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai alat komunikasi dalam penyampaian informasi pembelajaran daring dan memanfaatkan aplikasi lain yang lebih interaktif sebagai media pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:25
Last Modified: 21 Nov 2023 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26163

Actions (login required)

View Item View Item