Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taisirul Kholaq serta Relevansinya dengan Nilai Akhlak dalam Animasi Riko The Series

Ikhwatika, Neli (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taisirul Kholaq serta Relevansinya dengan Nilai Akhlak dalam Animasi Riko The Series. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180206_-NELI IKHWATIKA_EXECUTIVE SUMMARY (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Ikhwatika, Neli. 2023. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Taisirul Kholaq Serta Relevansinya Dengan Nilai Akhlak Animasi Riko The Series. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Fathurahman, M.Pd. I.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Taisirul Kholaq, Animasi Riko The Series.
Melihat pada realita kehidupan sekarang, kemrosotan nilai akhlak pada anak dapat kita lihat dengan fenomena-fenomena sosial yang memprihatinkan. Seperti tawuran antar sekolah, pembunuhan, pemerkosaan, mabuk-mabukan, bolos sekolah dan juga melawan orang tuanya sendiri. Maka dari itu pendidikan akhlak harus diberikan sejak dini hingga masa-masa yang akan dilewati oleh anak-anak tersebut. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dialami oleh manusia sekarang ini, tidak sedikit dampak negatifnya terhadap sikap hidup dan perilakunya, baik ia sebagai manusia yang beragama maupun makhluk individual dan sosial. Dengan melihat fakta yang terjadi dalam kehidupan sekarang ini, penting bagi umat Islam mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Tasirul Kholaq karya Hafidz Hasan al-Mas’udi di mana beliau dapat mendidik murid-muridnya sehingga menjadi orang-orang yang shalih dan berbudi pekerti yang luhur serta animasi Riko the series yang didalamnya mengandung nilai-nilai akhlak yang sangat cocok menjadi tontonan anak dan dapat membangun akhlak anak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab taisirul kholaq dan nilai-nilai akhlak dalam animasi riko the series. (2) Untuk mengetahui relevansi nilai- nilai pendidikan akhlak dalam kitab taisirul kholaq terhadap nilai-nilai akhlak dalam animasi Riko the series.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). yakni memperoleh data bukan berdasarkan pada persepsi peneliti tetapi berdasar pada fakta-fakta konseptual maupun fakta teoritis. Dalam hal ini penulis melakukan analisis dokumen berupa film animasi Riko The Series. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditemukan bahwa 1) Nilai-nilai akhlak dalam kitab taisirul kholaq yaitu (1)Taqwa, (2)Adab guru dan murid, (3)Hak-hak kedua orang tua, (4)Hak saudara, (5)Hak tetangga, (6)Adab pergaulan, (7)Persahabatan, (8)Persaudaraan, (9)Adab diforum pertemuan, (10)Adab makan, (11)Adab minum, (12)Adab tidur, (13)Adab masjid, (14)Kebersihan, (15)Jujur dan dusta, Amanah, (16)Memelihara diri (Al Iffah), (17)Kharisma (Muru’ah), (18)Hilm (Bijaksana, tidak cepat marah), (19)Tawaddu’ (Merendahkan diri), (20)Berjiwa besar, (21)Dengki/Irihati, (22)Hasud (Gosip/mengumpat), (23)Namimah (Adu domba), (24)Takabbur (Sombong), (25)Ghurur (Menipu), (26)Zhalim (Aniaya), (27)Adil. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlaq dalam animasi Riko the series yaitu (1) Akhlak terhadap Allah SWT yaitu beriman, (2) Akhlak terhadap sesama mahluk yaitu peduli sosial, beradab dan meminta maaf apabila melakukan kesalahan, (3) Akhlak terhadap diri sendiri yaitu optimis, amanah, pantang menyerah, pemaaf. 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Taisirul kholaq dengan nilai akhlak dalam animasi Riko the series, yaitu: (1) Hilm (Bijaksana, Tidak Cepat Marah) memiliki relevansi dengan episode “Jangan Marah”, (2) Kebersihan memiliki relevansi dengan episode “Bau badan”, (3) Persahabatan memiliki relevansi dengan episode “Sahabat Ku” (4) Adab Makan memiliki relevansi dengan episode “makan Pakai tangan Kanan”, (5) Hak-hak Kedua Orang Tua memiliki relevansi dengan episode “Aku Sayang Bunda”, (6) Takwa memiliki relevansi dengan episode “Sholat Awal Waktu”, (7) Hilm (Bijaksana, Tidak Cepat Marah) memiliki relevansi dengan episode “Lebih Baik Memaafkan”, (8) Takwa memiliki relevansi dengan episode “Keutamaan berpuasa”, (9) Hak-hak Kedua Orang Tua memiliki relevansi dengan episode “Ayahku Pahlawanku”, (10) Kebersihan memiliki relevansi dengan episode “Sampah Plastik”, (11) Takwa memiliki relevansi dengan episode “Tanaman Bertasbih”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:23
Last Modified: 21 Nov 2023 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26161

Actions (login required)

View Item View Item