..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Penerapan Metode Drama dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo

Rosyadi, Na'im Amri (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Penerapan Metode Drama dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190427_NA'IM AMRI ROSYADI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Amri, Na’im Rosyadi. 2023. Penerapan Metode Drama dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Palajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Weni Tria Anugrah, S.Pd.

Kata kunci: Penerapan Metode Drama, Minat Belajar, Pembelajaran PAI.

Minat belajar merupakan suatu hal yang cukup diperhatikan dalam proses pembelajaran bahkan ditempatkan pada posisi yang sangat sentral. Mengingat hanya melalui minat belajar seorang siswa mau mengaktualisasikan dirinya untuk mengikuti proses pembelajaran. Namun nyatanya masih banyak beragam persoalan yang menimpa dan menerpa dalam hal minat belajar siswa, khususnya di SMK PGRI 2 Ponorogo pada jenjang kelas X TSM 1. Berdasarkan beragam persoalan tersebut, ternyata masih belum sesuai dengan perwujudan empat indikator minat belajar menurut teori Slameto, yakni ketertarikan untuk belajar, perhatian dalam belajar, motivasi belajar, dan pengetahuan. Sehingga perlunya pemasifan terhadap proses pembelajaran yang sesuai permasalahan dengan indikator minat belajar siswa melalui kreativitas dengan menggunakan metode drama.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode drama dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X TSM 1 pada materi Meneladani Dakwah Rasulullah Saw Periode Makkah dan Madinah di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diambil berdasarkan teori dari Kemmis dan Mc. Taggrart yang terbagi menjadi dua siklus dengan tahapan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek data penelitian ini berasal dari peserta didik kelas X TSM 1 SMK PGRI 2 Ponorogo.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya penerapan metode drama dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X TSM 1 SMK PGRI 2 Ponorogo adalah pada siklus I dengan rerata 51% dengan rincian ketertarikan untuk belajar 61%, perhatian dalam belajar 73%, motivasi belajar 33%, dan pengetahuan 36%. Pada siklus II meningkat dengan rerata 80% dengan rincian ketertarikan untuk belajar 79%, perhatian dalam belajar 91%, motivasi belajar 73%, dan pengetahuan 76%. Dengan demikian penerapan metode drama dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X TSM 1 SMK PGRI 2 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:22
Last Modified: 20 Nov 2023 06:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26155

Actions (login required)

View Item View Item