Analisis Maslahah dan undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup terhadap Dampak Usaha Tambang Pasir dan Batu (Studi Kasus di PT. Duta Alam Bahagia Desa Maguwan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo)

Febrianti, Rahmatika (2023) Analisis Maslahah dan undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup terhadap Dampak Usaha Tambang Pasir dan Batu (Studi Kasus di PT. Duta Alam Bahagia Desa Maguwan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
RAHMATIKA FEBRIANTI_102190038_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Febrianti, Rahmatika. 2023. Analisis Mas}lah}ah dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup terhadap Dampak Usaha Tambang Pasir Dan Batu (Studi Kasus di Pt. Duta Alam Bahagia Desa Maguwan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo). Pembimbing: Umarwan Sutopo, Lc. M.H.I.
Kata Kunci/Keywords : Mas}lah}ah, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009, Dampak Usaha Tambang Pasir dan Batu
Dalam konsep maslahah, kepentingan bersama lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi atau satu kelompok tertentu. Menghindari ma}fsada}t lebih penting daripada mengusahakan suatu ma}slaha}h. karena pada hakikatnya menghindari ma}fsada}t termasuk upaya mengusahakan suatu ma}slaha}h. Upaya menjaga alam merupakan bentuk mengusahakan suatu ma}slaha}h. Berkaitan dengan hal tersebut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 juga menyatakan hal serupa. PT. Duta Alam Bahagia, yang merupakan perusahaan tambang Batu dan Pasir, menyelenggarakan usahanya dengan tanpa mempertanggung jawabkan dampak lingkungan yang terjadi. Kerusakan lingkungan berupa Pencemaran air sungai, polusi udara, dan jalan rusak tidak kunjung ada perbaikan. Dampak lingkungan ini ditinjau dari persepsi ma}slah}ah dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana dampak lingkungan usaha pertambangan pasir dan batu di PT. Duta Alam Bahagia perspektif teori Masla}h}ah? (2) Bagaimana Pertanggungjawaban sosial pertambangan pasir dan batu di PT. Duta Alam Bahagia perspektif Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kemudian metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan tambang PT. Duta Alam Bahagia tidak sesuai dengan konsep ma}slah}ah karena keuntungan dari adanya usaha tambang ini hanya menguntungkan sebagian pihak saja. Sedangkan kerugian yang timbul berskala lebih besar daripada keuntungannya. Selain itu dampak lingkungan yang timbul menentang Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Pasal 67 dimana dalam pasal ini menyerukan kepada setiap individu untuk menjaga dan melestarikan alam serta menghindari dari keiatan yang menimbulkan pencemaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: UMARWAN SUTOPO
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:19
Last Modified: 20 Nov 2023 06:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26150

Actions (login required)

View Item View Item