Implementasi Sakinah Mawadah Wa rohmah Pada Keluarga Penyandang Disabilitas Di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo

Azizi, M (2023) Implementasi Sakinah Mawadah Wa rohmah Pada Keluarga Penyandang Disabilitas Di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
M. Azizi-101190056- Uploud Ethesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Azizi .M 101190056 2023. Impelementasi Sakinah Mawada Warohmah Pada Keluarga Penyandang Disabilitas di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Imroatul Munfaridah, M.S.I.
Kata Kunci: Keluarga Sakinah, penyandang Disabilitas.
Dalam mewujudkan keluarga sakinah, diperlukan berbagai prinsip-prinsip, khususnya dari suami istri yang mampu untuk mendukungnya. Pada dasarnya terbinanya hubungan suami istri yang harmonis dan baik adalah adanya kesetaraan yang dilakukan kedua pasangan, baik itu dalam cinta, kasih sayang, maupun keterpaduan hati. Namun, di dunia ini tidak semua orang memiliki keadaan yang normal secara kualitas dan kuantitas anggota tubuhnya. Seperti halnya keluarga penyandang disabilitas di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo dimana rumah tangga mereka bertahan hingga saat ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran suami istri penyandang disabilitas di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo dalam mewujudkan keluarga sakinah mawadah warohmah perespektif Hukum Islam? (2) Bagaimana upaya suami istri penyandang disabilitas di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo dalam mewujudkan keluarga sakinah mawadah warohmah perespektif Hukum Islam?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deduktif, yaitu suatu cara atau jalan yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan berangkat menggunakan teori yang bersifat umum yang kemudian ditarik untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran untuk menciptakan keluarga yang harmonis walaupun dengan keterbatasan yang dimiliki oleh suami istri. Dengan kontribusi dari kedua belah pihak menunjukkan bahwa dalam kondisi di mana salah satu pasangan memiliki keterbatasan yang lebih berat, tanggung jawab rumah tangga lebih banyak dipegang oleh pasangan yang memiliki keterbatasan disabilitas yang ringgan. Upaya untuk menciptakan keluraga yang sakinah mawadah warohmah itu terjadi tidak hanya sepihak artinya ada campur tangan orang seperti upaya dari pemerintah desa yang selalu memperhatikan dan mempiroritaskan masyarakatnya yang memiliki kekurangan dalam arti penyandang disabilitas. Selain itu upaya dari keluarga penyandang disabilitas sendiri dalam menciptakan keluarga yang harmonis yaitu, selalu saling pengertian satu dengan yang lain, berkomunikasi dengan baik, memberikan kasih sayang dan bertanggungjawab atas tercukupinya kebutuhan anak-anak dan istrinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Imroatul Munfaridah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:21
Last Modified: 20 Nov 2023 06:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26149

Actions (login required)

View Item View Item