Strategi Pengasuh Pondok Pesantren dalam Pengembangan Entrepreneurship Para Santri Melalui Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) Di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Wonogiri

Safitri, Nur (2023) Strategi Pengasuh Pondok Pesantren dalam Pengembangan Entrepreneurship Para Santri Melalui Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) Di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190292_Nur Safitri_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi pengembangan merupakan upaya yang harus dilakukan oleh pengasuh pondok pesantren dengan tujuan untuk dapat menarik minat masyarakat atau santri untuk dapat melatih dan mengembangkan jiwa entrepreneurship para santri dengan menggunakan badan usaha yang dikelola oleh pondok pesantren. entrepreneurship adalah semangat, perilaku, dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri dan atau pelayanan yang lebih baik pada orang lain jiwa entrepreneurship seharusnya dimiliki oleh setiap muslim atau disebut sebagai karakter moslempreneur yang berupa sifat inovatif, kreatif, berani menanggung resiko, serta mampu membuka peluang usaha. Dalam hal ini seseorang yang memiliki jiwa entrepreneurship selalu mau bekerja keras, pantang menyerah, meningkatkan niai-nilai islam dan berakhlakul sehingga mereka memiliki karakter dan perilaku baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme dari Strategi Pengembangan Entrepreneureship Para Santri serta menganalisis mengenai Strategi Pengasuh Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Entrepreneureship Para Santri Melalui Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Wonogiri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi dengan jumlah sembilan responden.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mekanisme dari Strategi Pengasuh Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Entrepreneureship Para Santri Melalui Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) sangatlah siknifikan terutama dalam perencanaan strategi. Adapun langkah yang diambil oleh pengasuh pondok pesantren dalam pengenmabangan jiwa enterpreneurship para santri ialah dengan melakukan pembekalan dan praktek secara langsung dengan mengunakan metode seminar dan melakukan kunjungan dengan lembaga usaha terait diluar dari pondok pesantrann. Adapun melihat faktor penghambat yang dirasakan ialah berupa faktor internal yang berangkat dari pribadi santri dan lembaga BUMP yang ada dipondok pesantren. Faktor eksternal ialah dampak yang berangkat dari luar lembaga dan diri santri yang diwujudkn dengan adanya dinamika yanng terjadi lingkungan pesantren dan lingkungan msyarakat. Dalam hal ini pondok pesantren atau BUMP juga merasakan dampak dari strategi pengembanga enterpreneurship santri. Dampak yang dirasakan alah berupa dampak negatif dan dampak positif, dimana dampak negatif ialah dampak yang memicu perpecahan fokus para santri mulai dari interpreneurship dan pendidikan keagamaan, dampak positif yang dirasakan ialah tumbuhnya jiwa entrepreneurship yang sesua dengan harapan BUMP dan sebagai bekal santri dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fitra Rizal
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 05:55
Last Modified: 20 Nov 2023 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26148

Actions (login required)

View Item View Item