..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Ranah 3 Warna Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak MTs Kelas VIII

Prayogo, Wisnu Aji (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Ranah 3 Warna Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak MTs Kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190474_Wisnu Aji Prayogo_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan di era modern perlu dirancang secara sistemasis agar mencapai tujuan pendidikan nasional, yang salah satunya adalah membentuk karakter yang baik. Hal ini karena di era modern remaja cenderung banyak yang mengalami degradasi moral yang merusak karakter. Anak-anak di kelas VIII berada di masa remaja awal yang merupakan fase kritis dalam pembentukan karakter. Maka dari itu pendidikan karakter menjadi sebuah hal yang penting ditanamkan kepada pelajar. Penanaman karakter di era digital seperti sekarang ini salah satunya dapat dilakukan melalui media film bertema pendidikan yang dapat menginspirasi dan dijadikan pembelajaran bagi penontonnya, salah satunya yaitu film Ranah 3 Warna.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Film Ranah 3 Warna; dan (2) Untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film Ranah 3 Warna dengan materi akidah akhlak MTs kelas VIII.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif karena sumber data dan hasil penelitian dalam penelitian kepustakaan (library research) berupa deskripsi kata-kata. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi kemudian data dianlisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis), yaitu menganalis isi dialog tokoh, latar, dan peristiwa yang terdapat dalam film.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Nilai-nilai pendidikan karakter pada Film Ranah 3 Warna yang memiliki relevansi dengan materi Akidah Akhlak MTs kelas VIII meliputi nilai religius, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab; (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter pada Film Ranah 3 Warna yang memiliki relevansi dengan materi Akidah Akhlak MTs kelas VIII yaitu: nilai karakter religius relevan dengan materi tawakal, adab terhadap guru dan sabar. Nilai karakter toleransi relevan dengan materi tasamuh, nilai karakter disiplin relevan dengan materi putus asa dan dampaknya. Nilai karakter kerja keras, mandiri dan tanggung jawab relevan dengan materi ikhtiar. Nilai karakter menghargai prestasi relevan dengan materi syukur, nilai karakter bersahabat/komunikatif relevan dengan materi adab terhadap orang tua, nilai karakter cinta damai relevan dengan materi sabar, nilai karakter peduli sosial relevan dengan ta’awun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 05:54
Last Modified: 20 Nov 2023 05:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26147

Actions (login required)

View Item View Item