..(PERBAIKI LAYOUT KEASLIAN TULISAN, CONTENT TERTUTUP LOGO, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pergaulan calon Pengantin Pascakhitbah (Studi Kasus Di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun)

Maulidiyah, Divana Khoirotul (2023) ..(PERBAIKI LAYOUT KEASLIAN TULISAN, CONTENT TERTUTUP LOGO, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pergaulan calon Pengantin Pascakhitbah (Studi Kasus Di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
DIVANA KHOIROTUL M- 101190033-HKI-UPLOUD ETHESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khoirotul Maulidiyah, Divana, 101190033, Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pergaulan Calon Pengantin Pascakhitbah (Studi Kasus di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun). Skripsi. |Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Rizki Amalia Sholihah, S. Hum. M.Pd.
Kata Kunci:Sosiologi, Hukum, Calon Pengantin Pascakhitbah, Sosiologi Hukum.

Khitbah merupakan tahap awal pernikahan dalam Islam yang memungkinkan calon pengantin saling mengenal. Namun, di Desa Pucangrejo tradisi ini sering melanggar prinsip Islam karena calon pengantin yang sudah dikhitbah dapat berinteraksi tanpa pengawasan mahram. Hal ini menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum Islam. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada Desa Pucangrejo, untuk memahami praktik khitbah yang tidak sesuai dengan hukum Islam dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan hukum calon pengantin terhadap pergaulan pascakhitbah. Penelitian ini mengidentifikasi perbedaan antara ketentuan syariat Islam dan realitas sosial yang terjadi di masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kesadaran hukum pasangan calon pengantin pascakhitbah di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun? (2) bagaimana kepatuhan hukum pasangan calon pengantin pascakhitbah di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa fenomena pergaulan calon pengantin pasca khitbah di Desa Pucangrejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, dengan sumber data dari wawancara terhadap 3 pasang calon pengantin yang telah khitbah di lokasi tersebut.
Hasil penelitian yang pertama, menunjukkan adanya variasi dalam kesadaran hukum calon pengantin pascakhitbah di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Pada tingkat kepatuhan dan pemahaman, tiga pasangan memahami dan mengetahui batasan dengan baik. Dalam hal sikap terhadap hukum, dua pasangan setuju dengan aturan, sementara dua lainnya tidak setuju. Dalam pola perilaku hukum, dua pasangan masih melanggar, sementara dua lainnya patuh dan menjaga batasan dengan baik. Kedua, tingkat kepatuhan hukum pasangan calon pengantin pascakhitbah di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Tingkat kepatuhan yang pertama "compliance," terdapat dua pasangan calon pengantin yang mematuhi batasan karena takut pada orang tua, sementara dua pasang yang lainnya merasa hubungannya sudah wajar. Kedua "identification," terdapat satu pasangan yang menjaga batasan dengan sederhana. Terakhir, pada tingkat "internalization," terdapat dua pasangan yang tidak mematuhi batasan dengan beberapa alasan pribadi yang membuat mereka melanggarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rizki Amalia Sholihah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:09
Last Modified: 20 Nov 2023 06:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26142

Actions (login required)

View Item View Item