STRATEGI PEMASARAN PT KAI DAOP VII MADIUN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN

Rahmawati, Ria (2023) STRATEGI PEMASARAN PT KAI DAOP VII MADIUN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI STRATEGI PEMASARAN PT. KAI DAOP VII MADIUN DALAM MENINGATKAN KEPUASAN KONSUMEN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kepuasan Konsumen.
Sebagai upaya mempertahankan kepuasan konsumen, PT. KAI DAOP VII Madiun telah menerapkan strategi pemasaran kereta api. Serta beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaanya yaitu peningkatan teknologi informasi dan ketersediaan fasilitas dalam pelayanan konsumen. Selain itu, adanya pengakuan dari konsumen bahwa kereta api sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran kereta api PT. KAI DAOP VII Madiun terhadap peningkatan kepuasan konsumen.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kasus atau studi kasus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui editing, classifying, verifying, dan concluding. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan keputusan dan verifikasi.
Hasil Penelitian ini menunjukkan 1) Strategi pemasaran kereta api PT. KAI DAOP VII Madiun untuk meningkatkan kepuasan konsumen yaitu a) Menerapkan pemasaran langsung dan tidak langusng. Teknik yang digunakan dalam pemasaran langsung adalah dengan bentuk kegiatan di luar perusahaan seperti even dan kerja sama dengan lembaga pendidikan. Pemasaran tidak langsung dalam bentuk promosi melalui media online dan offline. 2) Faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran kereta api PT. KAI DAOP VII Madiun yaitu a) Faktor pendukung secara internal adalah komitmen tujuan perusahaan dan SDM. Secara eksternal adalah faktor kompetisi, pangsa pasar, dan preferensi (selera) konsumen; b) Faktor penghambat strategi pemasaran secara internal adalah keterbatasan biaya dalam merealisasikan kegiatan promosi dan kurang memaksimalkan SDM dalam melakukan pemasaran dari berbagai media. Secara eksternal adalah pelaksanaan strategi pemasaran tidak mampu menjangkau semua kalangan konsumen, persaingan sejenis, dan permintaan konsumen. 3) Dampak strategi pemasaran kereta api PT. KAI DAOP VII Madiun terhadap peningkatan kepuasan konsumen yaitu konsumen lama akan merekomendasikan kepada konsumen baru, calon konsumen menggunakan jasa karena mengetahui banyak konsumen lama yang menggunakan dan konsumen baru seringkali ingin membuktikan dan merasa penasaran dengan strategi pemasaran kereta api yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 05:58
Last Modified: 20 Nov 2023 05:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26140

Actions (login required)

View Item View Item