..(PERBAIKI LAYOUT LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Dan Pendapatan Terhadap Minat Menabung Alumni Santri Al-Fatah Temboro Di Bank Syariah

Abdurahman, Ali (2023) ..(PERBAIKI LAYOUT LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Dan Pendapatan Terhadap Minat Menabung Alumni Santri Al-Fatah Temboro Di Bank Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ALI.ABD ROHMAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abdurrahman, Ali. Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Pendapatan Terhadap Minat Menabung Alumni Santri Al-Fatah Temboro Di Bank Syariah. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Faruq Ahmad Futaqi, M.E.

Kata Kunci: Religiusitas, Pengetahuan, Pendapatan, Minat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas,pengetahuan dan pendapatan terhadap minat santri Pondok Pesantren Al-Fattah Temboro menabung di bank syariah. Dimana peneliti setelah melakukan observasi terdapat beberapa santri yang masih menggunakan produk tabungan di bank konvensional. Pondok Pesantren Al-Fattah Temboro merupakan pondok pesantren yang dikenal dengan sebutan kampung Madinah karena dari berpakian mereka mengikuti tradisi orang Arab yakni para wanita mengenakan niqab/cadar dan untuk pria menggunakan gamis. Obyek penelitian ini adalah alumni santri putra Pondok Pesantren Al-Fattah Temboro, Kec. Karas Kab. Magetan Jawa Timur.
Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah alumni santri Al fatah Temboro dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan alat bantu SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Secara parsial religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung alumni santri Al-fatah Temboro di bank Syariah. 2). Secara parsial pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap minat menabung alumni santri Al fatah Temboro di bank syariah. 3). Secara parsial pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat terhadap minat menabung alumni santri Al fatah Temboro di bank Syariah. 4). Secara simultan religiusitas, pengetahuan, dan pendapatan berpengaruh terhadap minat terhadap minat menabung alumni santri Al fatah Temboro di bank Syariah. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dengan fokus penelitian terhadap minat menabung alumni santri hendaknya memperluas penelitian sehingga diperoleh informasi yang lebih luas mengenai factor apa saja yang mempengaruhi minat menabung untuk kemudian diperbarui dengan memilih variabel dan metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 05:57
Last Modified: 20 Nov 2023 05:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26138

Actions (login required)

View Item View Item