..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Santri Melalui Kegiatan Kapribaden 3B (Belajar, Berlatih, Beramal) di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo

Anjani, Dita Ayu Ajeng (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Santri Melalui Kegiatan Kapribaden 3B (Belajar, Berlatih, Beramal) di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190064_DITA AYU AJENG ANJANI_SKRIPSI_WATERMARK_UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Anjani, Dita Ayu Ajeng. 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Santri Melalui Kegiatan Kapribaden 3B (Belajar, Berlatih, Beramal) Di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I

Kata Kunci: Karakter, Belajar Berlatih Beramal.

Internalisasi nilai-nilaibkarakterbadalah usaha untuk menanamkanbnilai karakter kepadabdiri seseorang sehingga karakter yang ditanamkan dapat menjadi kebiasaan. Karakter merupakanbkunci untuk berjalanbmenghadapi kehidupan. Karakterbsetiap orang berbeda-beda. Permasalahan yang terjadi pada santri Pondok Pesantren Mambaul Hikmah yaitu: kurang dalam belajar untuk mengembangkan pengetahuan dan melatih potensi yang dimiliki oleh santri serta kurang mengamalkan pengetahuan yang didapatkan. Hal inibmembuktikan bahwa karakter santri belum sepenuhnya tertanam dengan kuat sehingga perlu internalisasi nilai karakter menggunakan 3B (Belajar Berlatih Beramal) yang direalisasikanbselalui kegiatan yang adabdi Pondok Pesantren Mambaul Hikmah.
Penelitian ini bertujuanbuntuk: (1) mengetahuibinternalisasi nilai-nilai karakter santri melalui Kegiatan Kapribaden 3B (belajar, berlatih, beramal) di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah.; (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari internalisasi nilai-nilai karakter santri melalui Kegiatan Kapribaden (belajar, berlatih, beramal) di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah.; (3) mengetahui dampak Kegiatan Kapribaden 3B (belajar, berlatih, beramal) terhadap karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah.
Penelitian ini menggunakanbpendekatan kualitatif, jenisbpenelitian ini adalah studibkasus. Sumber data penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya dalam penanaman nilai karakter di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah melalui kegiatan seperti praktik mengajar didapatkan santri melalui kegiatan kultum, membaca fashohah, takror, muhadharah, EPIs, qiro’, praktik organisasi didapatkan santri melalui OSMAH (Organisasi Santri Mamba’ul Hikmah), dan praktik imammuddin didapatkan santri melalui kegiatan manasik haji, bmunakahat, khitobah dan bilal, serba serbi Islam.; (2) Terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam internalisasi nilai karakter santri. Faktor pendukung dari internalisasi nilai-nilai karakter santri yaitu: tekat santri dalam mencapai cita-cita dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu: nisya>n (melupakan ilmu secara tidak sengaja), tidak menghargai proses, kemampuan kompetensi, minat, kurangnya kesadaran, waktu dan pergaulan di luar pondok. (3) Dampak Dasa Jiwa 3B yaitu adalah tertanamnya lima karakter pada diri santri yaitu jiwa keikhlasan dan kesederhanaan, jiwa berdikari, jiwa Ukhuwwah Islamiah dan jiwa bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:27
Last Modified: 20 Nov 2023 03:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26129

Actions (login required)

View Item View Item