..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di TK Islam Terpadu 2 Qurrota A'yun Ponorogo

Yuliana, Ariska Candra (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di TK Islam Terpadu 2 Qurrota A'yun Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210007_ARISKA CANDRA YULIANA_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di TK Islam Terpadu 2 Qurrota A’yun Ponorogo. Kajian ini dilatarbelakangi oleh asumsi sebagian besar masyarakat yang menyatakan bahwa kompetensi kewirausahaan yaitu bagaimana sekolah mampu menghasilkan keuntungan finansial. Berbeda dengan pendapat Kepala Sekolah TK Islam Terpadu 2 Qurrota A’yun Ponorogo yang menyatakan bahwa kompetensi kewirausahaan yaitu bagaimana sekolah memiliki daya jual sehingga dapat menarik perhatian masyarakat. TK Islam Terpadu 2 Qurrota A’yun Ponorogo tidak memiliki unit usaha untuk mengembangkan sekolah, tetapi kepala sekolah memiliki karakteristik sebagaimana seorang wirausaha sehingga dapat mengembangkan sekolah yang dipimpinnya.
Peneliti ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal yaitu tempat atau lokasi penelitian hanya satu. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data penelitian yaitu metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis datanya menguunakan model Matthew B. Milles, A. Michael Huberman, dan Saldana berupa pengumpulan data, kondensasi data, tampilan data dan gambar.
Hasil penelitian mengenai kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan ditemukan kesesuaian fungsi dalam teori manajemen yakni kepala sekolah dengan kompetensi kewirausahaannya memiliki karakteristik sebagai berikut : inovatif dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, bekerja keras dalam mempertahankan akreditasi yang dimiliki lembaga, memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah serta mampu menjadi motivator bagi stakeholder sekolah, pantang menyerah untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah melalui pembinaan dan pelatihan serta selalu mencari solusi terbaik dengan melakukan evaluasi pekanan, serta memiliki naluri kewirausahaan dengan menciptakan program-program yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Adapun dampak dari kompetensi kewirausahaan dalam peningkatan mutu pendidikan meliputi: meningkatnya kreativitas seluruh warga sekolah, meningkatnya profesionalisme guru dan tenaga kependidikan, meningkatnya sarana dan prasarana sekolah, meningkatnya prestasi siswa, serta meningkatnya partisipasi masyarakat. Pendidikan dapat dikatakan bermutu apabila terdapat koordinasi antara seluruh komponen sekolah, yang meliputi: guru, siswa, kurikulum, uang, dan sarana prasarana sekolah dilakukan secara harmonis, sehingga mampu menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan serta mampu mendorong motivasi dan minat belajar siswa.

Kata Kunci: Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:39
Last Modified: 20 Nov 2023 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26118

Actions (login required)

View Item View Item